KESEHATANKONAWE SELATANNEWSSULTRA

Resmikan IGD, RSD Konsel Gelar Operasi Katarak Gratis

716
×

Resmikan IGD, RSD Konsel Gelar Operasi Katarak Gratis

Sebarkan artikel ini
Bupati Konsel H.Surunuddin Dangga ST.MM didampingi Wakilnya DR. Arsalim Arifin saat menandatangani prasasti gedung IGD BLUD RS Konsel

ANDOOLO – Sebanyak 100 pasien katarak mendapatkan operasi gratis di Rumah Sakit Daerah (RSD) Konsel Konawe Selatan (Konsel). Operasi ini merupakan rangkaian peresmian ruang Intalasi Gawat Darurat (IGD).

Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga dan pengguntingan pita oleh Kepala Kejari Konsel, Aprilyana Purba, Senin, (13/1/2012).

Dalam sambutannya, H. Surunuddin Dangga menjelaskan, pembangunan ruang IGD dilakukan dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan prima kepada masyarakat, sesuai janji bersama Wakil Bupati Konsel, Arsalim, untuk meningkatkan kualitas dibidang kesehatan.

Selain IGD, Pemda juga akan membangun ruangan bedah yang refresentatif, termasuk memperluas RSD dan menyediakan tenaga dokter ahli. Karena menurutnya, apa yang dibangun akan sia-sia jika tidak dibarengi dengan pelayanan maksimal.

Ia berharap, ketika ada pasien yang membutuhkan bantuan medis mendadak di IGD, petugas kesehatan wajib mendahulukan pertolongan, dibanding pemenuhan syarat administrasi.

“Saya minta ketika ada pasien membutuhkan penanganan medis di IGD, agar segera ditolong, nanti belakangan urusan adminnya, termasuk kita akan siapkan Ambulance antar jemput pasien,” ujarnya.

Surunuddin juga berharap pimpinan Dinkes dan RSD dapat mengimplementasikan sesegera, layanan pesan singkat via sms atau Whatsapp untuk masyarakat yang membutuhkan ambulance.

Sementara itu dalam laporannya, Direktur RSD Konsel, dr. Bony L Pramana mengatakan, anggaran pembangunan Gedung tersebut senilai Rp 13,9 Milyar, bersumber dari dana DAK.

Dengan adanya fasilitas gedung baru IGD, Ia berharap pelayanan kesehatan di Konsel makin meningkat, didukung ketersediaan tenaga dokter dan kesehatan lainnya yang lebih profesional.

“IGD dilengkapi fasilitas Ruangan Resusitasi (jantung), Kamar Bersalin, Ruang isolasi, Ruang Tindakan, dan Ruang Observasi yang dapat melayani seluruh penyakit emergency,” kata dr. Bony.

Selain operasi gratis, dalam peresmian IGD RSD Konsel juga turut diberikan bantuan berupa kacamata baca anak secara gratis, kepada 25 santri Pondok Pesantren Min Hajjut Thulab.

Tidak hanya itu, turut diserahkan juga dana bantuan operasi katarak dan kacamata anak senilai Rp 107.500.000 kerjasama antara Pemda Konsel bersama pihak BSM. Juga digelar Donor Darah, Simposium serta Workshop Kesehatan.

You cannot copy content of this page