oleh

Ringankan Tugas Polri, 60 Mahasiswa di Sultra Sukses Ikuti LDK

-FEATURED, Kendari, SULTRA-125 dibaca

KENDARI – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi menutup Latihan Dasar Kepolisian (LDK) Mahasiswa Bhayangkara (Mahabhara) yang digelar selama tujuh hari di Sekolah Polisi Negara (SPN) Anggotoa dengan melibatkan peserta sebanyak 60 orang dari tiga Universitas tiga Universitas masing-masing Universitas Halu Oleo (UHO), Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK), dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN).

Kapolda Sultra, Brigadir Jendral Polisi Iriyanto mengatakan, LDK Mahabhara Polda Sultra sejatinya baru pertama kali dilaksanakan, kegiatan yang dilaksanakan sejak tanggal 16 Oktober hingga 22 Oktober 2018 ini merupakan salah satu terobosan untuk melibatkan peran masyarakat khususnya Mahasiswa dalam pengamanan kegiatan-kegiatan di perguruan tinggi.

“Kami menanamkan jiwa kepolisian untuk membentuk tenaga-tenaga pengamanan dan memudahkah setiap pengamanan di Wilayah Universitas,” ucapnya kepada sejumlah awak media, Senin (22/10/2018).

Kata dia, Kegiatan Mahabhara ini akan berkelanjutan sehingga pihak kepolisian bisa terbantu dalam pengamanan dan tidak adanya tidak percaya anatara pihak kampus dan lembaga kepolisian serta memudahkan saat melakukan pengamanan.

“Kami memberikan bekal terhadap Mahabhara ini mengenai lima fungsi kepolisian diantaranya fungsi lantas, sahbara, binmas, reserse, dan intel,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor IAIN Dr.H.Nur Alim mengatakan, untuk urusan keamanan bukan hanya pihak kepolisian tetapi urusan semua masyarakat termaksud mahasiswa sebagai calon pemimpin masa depan harus mengambil peran dan mempersiapkan sejak dini.

“Inilah salah satu kreatif dari Polda Sultra untuk memberi pemahaman dan keterampilan dini kepada mahasiswa,” ucapnya.

Dikatakannya, kegiatan mahabhara ini sebagai mitra dari pihak kampus dengan pihak kepolisian untuk membangun sinergitas dan hubungan harmonis yang akan datang untuk kepentingan bangsa dan masyarakat dapat diciptakan secara bersama-sama.

“Setelah kegiatan ini selesai, mungkin kedepannya saya akan buatkan kesekretariatan untuk mereka, guna memudahkan konsolidasi dan interaksi dengan kepolisian sesuai dengan bidannya masing-masing,” tutupnya. (b)

Reporter : Hendrik B


Terkini