oleh

RSUD Kendari Siaga Kasus Gagal Ginjal Akut

-NEWS-317 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM- Walaupun belum memiliki kasus gagal ginjal akut di Kota Kendari, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari telah siap melayani pasien gagal ginjal akut pada anak.

Hal ini disampaikan oleh Direktur RSUD Kota Kendari Sukirman saat diwawancarai mediakendari.com. Dia mengungkapkan walaupun belum ada konfirmasi terkait kasus gagal ginjal akut, RSUD Kota Kendari tidak akan menurunkan tingkat kewaspadaan terhadap kasus-kasus ini.

“Sesuai dengan instruksi Kementerian Kesehatan, persiapan telah dilakukan mulai dari dokter, tenaga medis hingga obat-obatan yang bakal digunakan mengobati pasien,”ungkapnya.

Lebih lanjut Sukirman mengatakan penyakit gagal ginjal akut ini diduga akibat dari mengonsumsi obat sirop. Namun dirinya menegaskan hal tersebut masih dalam bentuk dugaan sehingga belum bisa dipastikan kebenarannya.

“Kemenkes sudah mengeluarkan instruksi untuk sementara tidak menggunakan obat jenis sirop, dan saat ini instruksi tersebut sudah diterapkan,” bebernya.

Sukirman juga mengimbau pada masyarakat, jika mengalami gejala seperti kaki bengkak atau badan bengkak serta demam tinggi pada anak, untuk sesegera mungkin membawanya ke fasilitas kesehatan. Menurutnya hal tersebut tidak dapat dibiarkan berlama-lama.

Reporter: Dila Aidzin