NEWS

Ruksamin Resmi Dilantik Sebagai Ketua Komite Senin Budaya Nusantara Pertama di Sultra

667
×

Ruksamin Resmi Dilantik Sebagai Ketua Komite Senin Budaya Nusantara Pertama di Sultra

Sebarkan artikel ini

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – H. Ruksamin resmi dilantik sebagai ketua Komite Seni Budaya Nusantara Sulawesi Tenggara (KSBN Sultra) salah satu Hotel di Kota Kendari pada Selasa, 16 Mei 2023.

Pelantikan itu merupakan yang pertama kalinya dilakukan di wilayah Sultra. Untuk itu Ruksamin nantinya bakal memimpin sebagai ketua di periode 2023-2028 ke depan.

Dalam kesempatan itu, ruksamin menyampaikan bahwa pengaruh budaya sangat besar dalam mempromosikan suatu daerah di luar agar bisa terkenal dan berkembang.

“Pengaruhnya sangat besar. Kita butuh karakter bangsa, kita menunjukkan Indonesia di luar dan itu dari budaya,” ujarnya.

Menurutnya, di Sultra bukan saja memiliki Sumber Daya Alam (SDA) melainkan juga memiliki Sumber Daya Budaya yang potensi dalam mengembangkan keberagaman suku di Sultra lewat budaya yang ada, kesenian maupun yang lainnya.

Sehingga organisasi ini, nantinya kata dia akan mencoba untuk merangkul semua suka yang ada di Sultra agar bersama-sama mensuport dan bersama-sama mengali kebudayaan yang ada di Sulawesi Tenggara.

“Di Sultra ini bukan saja Sumber Daya Alam, Sumber Daya Alam oke, untuk kesejahteraan masyarakat, tapi semakin digali semakin habis. Tapi sumber daya budaya kita semakin digali semakin bisa menampakkan siapa Sulawesi Tenggara sebenarnya,” katanya.

Selanjutnya, dalam waktu dekat usai pelantikan ini Ruksamin bakal menggelar rapat kerja dalam waktu dekat agar dapat merancang program-program yang nantinya akan membesarkan nama Sultra baik di nasional maupun internasional.

Sementara itu, Ketua KSBN Pusat Mayjen (Purn) Hendardji Soepandji mengatakan bahwa kebudayaan merupakan aset yang harus dirawat dan dijaga kelestariannya agar dapat memiliki ciri khas dalam suatu daerah.

Ia menjelaskan bahwa dengan adanya KSBN ini nantinya ditargetkan akan merangkul kaum milenial agar dapat bersama-sama melestarikan kebudayaan.

“Kita berusaha seperti itu. Oleh karena itu inj merupakan bagian dari upaya agar generasi muda bisa mencintai kebudayaan di suatu daerah tersebut,” ucapnya.

Reporter : Muhammad Ismail

You cannot copy content of this page