NEWS

Rumah Tertimbun Longsor, Puluhan Warga di Kolut Mengungsi

834
×

Rumah Tertimbun Longsor, Puluhan Warga di Kolut Mengungsi

Sebarkan artikel ini

KOLUT, MEDIAKENDARI.COM – Sebanyak 28 warga Desa Batuganda Kecamatan Lasusua Kebupaten Kolaka Utara (Kolut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) terpaksa mengungsi, akibat rumah berserta harta benda di dalamnya tertimbun longsor.

Kepala Desa Batuganda Misbahuddin saat di konfirmasi melalui telepon Minggu 2/4/2023 menjelaskan, musibah tanah longsor tersebut menimpa desanya pada Minggu 2/4/2023 sekira jam 05.00 Wita.

“Tanah longsor terjadi di dusun tiga yang mengakibatkan tujuh rumah warga menjadi korban terbawah tanah longsor. Dari 28 orang yang mengungsi ada lansia dan anak-anak serta balita,” ungkap Misbahudin.

Ia mengungkapkan, warga korban musibah tanah longsor tersebut diungsikan di Kantor Desa Batuganda. “Sambil mengupayakan untuk membantu mereka agar rumah mereka kembali terbangun,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kolut Andi Faizal menuturkan, personel BPBD telah membantu warga mengangkat barang serta kebutuhan lain ke tempat pengungsian sementara

“Adapun nama warga pemilik rumah yang trkena longsor adalah Sultan (38) Andryan (39) Sabir (35) Jamaluddin (45) Kadir (39) Suhardi (34) hamang (47),” terang Andi Faizal.

Ia juga menyebut, dari tujuh rumah yang menjadi korban, tiga rumah dalam kondisi rusak berat dan empat rumah rusak ringan. Musibah ini sendiri diduga akibat hujan yang menguyur dengan intens tinggi.

“Kami mengimbau masyarakat yang tinggal di sekitar bukit dan di pengunungan serta di sekitar bantaran sungai agar senantiasa meningkatkan ke waspadaan karena hujan masih sering menguyur wilayah Kolut,” pungkasnya.

You cannot copy content of this page