FEATUREDINTERNASIONAL

Rusia Bikin Bola Mata Mata, Dijual dengan Harga Rp 350 Juta

448
×

Rusia Bikin Bola Mata Mata, Dijual dengan Harga Rp 350 Juta

Sebarkan artikel ini

Moskow – Tim peneiliti di Rusia dikabarkan tengah merampungkan desain sebuah peralatan mata-mata militer terbaru, yang berfungsi untuk menjangkau puing-puing gedung di kawasan perang.

Dilansir dari laman Mirror.co.uk pada Rabu (7/2/2018), peralatan mata-mata tersebut berbentuk ‘robot bola’ yang ditugaskan untuk mengumpulkan rekaman gambar dan suara di tempat-tempat yang sulit dijangkau oleh pasukan militer.

Alat yang diklaim anti-guncangan itu diberi nama Sphera, dan telah diuji coba di beberapa titik konflik di Suriah, di mana pasukan Rusia turut terlibat di dalamnya.

Namun, peralatan mata-mata tersebut tidak akan dijual dengan harga murah, melainkan dibanderol seharga hampir Rp 350 juta per satuannya.

Setelah mendapat tanggapan atas uji coba terkait, robot bola itu kini tengah menjalani ‘pemolesan ulang’ di sebuah laboratorium di Moskow.

Alat canggih ini dilengkapi dengan kamera 360 derajat yang dikendalikan dari jarak jauh. Robot tersebut juga memiliki lampu dioda, serta mikrofon dan pemancar, yang bekerja via sinyal radio.

Dengan formasi canggih seperti itu, Sphera disebut mampu mengirim potret, rekaman gambar, dan suara berkualitas cukup jernih hingga jarak 50 meter.

Banyak pengamat menyebut kehadiran teknologi itu bisa mendukung Rusia untuk memperkuat pengaruh militernya di tingkat global dan semakin membuat dunia ketar-ketir.

Sumber :Liputan 6

You cannot copy content of this page