oleh

Rute Penerbangan Garuda Indonesia Menuju Baubau Meningkat Jelang Lebaran

BAUBAU – Rute penerbangan Garuda Indonesia di Bandara Udara Betoambari dari luar menuju Kota Baubau jelang hari raya Idul Fitri meningkat.

Rute Ambon – Baubau dan Makassar – Baubau menjadi rute favorit penerbangan Garuda Indonesia yang dipilih oleh para pemudik pada H – 10 lebaran.

Branch Manager Garuda Baubau, Erlangga Dwi Aprianto mengatakan dari data statistik yang dicatat oleh pihaknya, isian flight sudah sekitar 90 persen untuk rute penerbangan Makassar – Baubau.

“Sedangkan rute Baubau – Makassar isian flight baru sekitar 70 persen. Ini menunjukkan belum ada lonjakan signifikan bagi pemudik yang keluar kota Baubau seperti tahun – tahun sebelumnya,” ucap Erlangga dikonfirmasi Rabu (6/6/2018).

Selain itu, kata dia, lonjakan juga terjadi pada rute penerbangan Garuda tujuan Ambon – Baubau pada minggu ini dan minggu depan tiketnya telah terjual habis.

“Kalau rute Baubau – Ambon belum banyak isiannya. Ini menunjukkan memang lonjakan pemudik terjadi dari luar menuju kota Baubau. Dan kami buka pelayanan hingga H – 1 lebaran,” ujarnya.

Erlangga menuturkan, saat ini pihaknya kemungkinan hanya memberlakukan pemotongan harga tiket melalui penawaran on line saja. Karena, Bank partner akan melakukan pemotongan secara langsung diwebsite masing – masing.

“Cuma kami belum dapat instruksi dari Pusat. Sehingga, sementara kantor penjulan masih berlakukan tarif normal harga tiket,” bebernya.

Dikatakan, harga tiket rute penerbangan Makassar – Baubau Rp. 1,2 juta. Sedang, Baubau – Makassar harga tiketnya Rp. 705 ribu.

“Kalau harga normal biasanya Rp. 500 ribu. Pemudik yang berangkat dari luar menuju Baubau satu bulan atau dua minggu sebelum berangkat sudah memesan memang tiket keberangkatannya,” bebernya.

Ia menambahkan, H – 5 hingga H – 3 lebaran akan terlihat lonjakan pemudik. Sebab, data yang tercatat rata – rata hari keberangkatnya pada H – 3 lebaran.


Reporter : Ardilan

Terkini