Saat Mahasiswa Diwajibkan Kuliah Online, UT Kendari: Dari Dulu Kami Sudah Online

Reporter: Jul Awal

MUNA – Akibat Covid-19, kegiatan perkuliahan mahasiswa perguruan tinggi di Sulawesi Tenggara (Sultra) tidak lagi berjalan seperti biasa. Untuk berjalan proses belajar mengajar, sesuai kebijakan pemerintah, mahasiswa diharuskan kuliah online.

Namun, untuk Universitas Negeri (UT) khususnya unit program belajar jarak jauh (UPBJJ) 83-Kendari, sudah menerapkan program tutorial online bagi mahasiswanya.

Kepala UPBJJ Kendari Drs. Arifin Tahir, S.Pd., M.Pd saat dikonfirmasi mengatakan, ditengah wabah pandemi corona, proses belajar UT tetap berjalan seperti biasa, yakni pembelajaran secara online melalui e-learning UT.

“Sebelum corona pun sistemnya sudah online, karena metode perkuliahan di UT sistemnya belajar jarak jauh. Dengan memanfaatkan tekhnologi yang ada,” ungkap Arifin yang biasa disapa Artha via Whatsapp kepada Mediakendari.com, Kamis 9 April 2020.

Kepala UPBJJ Kendari Drs. Arifin Tahir, S.Pd., M.Pd

Selain itu, lanjut mantan Direktur UPBJJ UT Majene 2 periode itu, untuk proses belajar UT, mahasiswa dapat mengakses bahan ajar dari smarthphone di menu digital library UT.

“Jadi tidak ada kegiatan tatap muka, apalagi kumpul-kumpul, melainkan kegiatan akademik yang terselenggara menggunakan web dan e-learning. Nah, kegiatan akademik semua dapat diakses dari rumah tanpa kemana-mana sepanjang jaringan ada,” tambahnya.

Terkait jadwal wisuda terhadap mahasiswa yang sudah yudisium, saat ini memang kegiatan wisuda yang lazim disebut UPI (Upacara Penyerahan Ijazah) sudah dijadwalkan Maret kemarin.

“Namun karena situasi darurat nasional ini maka pihak UPBJJ UT Kendari akan mereschedule pelaksanaannya dan akan disampaikan kepada para alumnus,” tutupnya. (B)

Iklan Pangdam Ucapan Selamat kepad Kapolda