oleh

Sambangi Ina-Ina di Pasar, Bupati Buteng Ajak Gunakan Masker Untuk Cegah Covid-19

Reporter: Syaud Al Faisal

LABUNGKARI – Bupati Buton Tengah (Buteng), Samahuddin turun langsung ke masyarakat mengajak warganya dalam pencegahan Covid-19, yang saat ini mulai masif menyebar.

Setelah sebelumnya intens mengunjungi masyarakat diberbagai lini, kali ini bupati bersama jajaran menyambangi Pasar Tradisional Kecamatan Mawasangka, Kabupaten Buteng.

Dipusat ekonomi masyarakat Buteng ini, Bupati Buteng yang juga Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 ini membagikan sekitar seribu lebih lembar masker kain standar kesehatan untuk para pedagang dan pembeli yang memadati pasar.

Bupati Buteng, Samahuddin saat membagikan masker

Aksi sosial ini dilaksanakan bersama Sekda Buteng, Kostantinus Bukide, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta anggota DPRD Buteng dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yakni Sarina Afa, Saal Musrimin Haadi, dan Hasrun.

Aksi sosial ini sendiri diawali dengan sosialisasi menggunakan pengeras suara yang dilakukan Bupati Buteng, Samahuddin dengan menumpangi mobil pickup untuk mengorasikan imbauan untuk pencegahan covid-19.

Sosialisasi ini dilaksanakan disepanjang perjalanan dari Rumah Jabatan Bupati menuju Pasar Tradisional Kecamatan Mawasangka, aksi ini cukup menyita perhatian publik khususnya pengguna jalan yang dilaluinya.

Bupati Buteng, Samahuddin saat membagikan masker ke pedagang ikan.

Setibanya di pasar, Bupati Samahuddin langsung memimpin rombongan untuk menyusuri lorong lorong pertokoan, penjual sayur mayur hingga ke penjual ikan, sambil membagikan masker.

Tidak sekali dua kali, Bupati bahkan tidak hanya membagikan masker tapi juga memakaikan dan memasangkan masker kepada para warga yang ditemui nya dan tidak menggunakan masker.

Orang nomor satu ini di Buteng ini mengaku, pembagian masker ini dilakukan sebagai upaya langsung untuk mengajak warga agar turut berpartisipasi memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Menurutnya, hal itu perlu dilakukan mengingat daerah tetangga di Kabupaten Muna terdapat tujuh orang yang dinyatakan positif Covid-19, dalam sepekan terakhir kemarin, sehingga dirinya merasa perlu mengambil langkah terbaik.

“Imbauan pemakaian masker harus diikuti, untuk itu saya harus menjadikan contoh kepada masyarakat pentingnya hidup sehat dan pentingnya menggunakan masker, saat beraktivitas di luar rumah guna memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19,” ujar Samahuddin ditemui usai membagikan masker, Selasa 21 April 2020.

Samahuddin saat membagi-bagikan masker

Menurutnya, Pemda Buteng saat ini tengah menaruh perhatian khusus dan serius kepada para pedagang dan pembeli di pasar untuk mencegahan potensi penyebaran covid-19.

Sebeb, pasar merupakan salah satu tempat berkerumun yang melibatkan banyak orang yang datang dari segala usia serta penjuru untuk berinterasi dalam perdagangan.

“Meskipun belum ada temuan kasus suspect virus corona di Buteng, Pemda harus peduli, untuk itu pembagian masker kami sasarkan dipasar karena pasar merupakan salah satu fasilitas umum yang rentan akan penyebaraan virus,” tambahnya.

Bupati Buteng saat diatas mobil pickup untuk memberikan himbauan dan para kepala OPD di depan

Tak hanya membagikan masker, Bupati juga memberi edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya memakai masker khususnya dari sisi kesehatan untuk menangkal penyebaran covid-19.

Sehingga dengan membiasakan menggunakan masker untuk masyarakat, bisa menghadirkan rasa aman bagi masyarakat itu sendiri dalam beraktifitas terutama saat interaksi antara pedagang dan pembeli.

“Semua aturan-aturan harus dipatuhi, mari untuk hidup sehat. Tadi ada masyarakat yang belum mengerti, saya langsung beri pemahaman. Karena saya Bupati, maka inilah tanggung jawab saya untuk tetap melindungi masyarakat,” pungkasnya.

Dikesempatan yang sama, salah seorang penjual ikan pasar tradisional Mawasangka, Wania (46) mengaku bersyukur atas upaya Bupati Buteng yang sudah melakukan langkah nyata untuk mengingatkan masyarakatnya.

“Saya tidak sangka Bupati tadi di pasar ikan ini bagi-bagi masker, hampir semua penjual disini dapat, diberi pemaham juga,” tutupnya. (Adv)

Terkini