oleh

Sambut HUT ke-15, ‘Pelangi Kolaka Utara’ Kembali Bersemarak

Reporter : Ady Arman
Editor : Kang Upi

LASUSUA – Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke 15, “Pelangi Kolaka Utara” kembali menyemarakkan langit Ibukota Kabupaten Kolaka Utara (Kolut). Bukan pelangi biasa, “Pelangi Kolaka Utara” merupakan rangkaian kegiatan memperingati bertambahnya usia daerah tersebut.

“Pelangi Kolaka Utara” merupakan agenda rutin Pemda Kolut yang digelar di Alun-Alun Lasusua. Puncak perayaan HUT ini rencananya digelar 7 Januari 2019.

Wakil Bupati Kolut, H. Abbas mengungkapkan, “Pelangi Kolaka Utara” bertujuan untuk memberikan hiburan alternatif bagi masyarakat melalui rangkaian kegiatan seni budaya dan acara hiburan.

“Melalui momentum ini kita berikan ruang berekspresi kepada generasi muda yang memiliki bakat  seni budaya untuk berlomba dan berkompetisi di berbagai kegiatan seni,” papar H. Abbas dalam sambutan pembukaan “Pelangi Kolaka Utara”, Kamis (3/1/2019) malam.

Diungkapkannya juga, di momen HUT Kolut ini pihaknya mengajak warga untuk berduka cita dan eforia. Namun, tetap dalam batas kewajaran.

“Agar suka cita dan eforia tidak berlebihan dan tetap dalam koridor yang sesuai dengan budaya dan agama kita,” terangnya.

Ia juga menuturkan, bahwa “Pelangi Kolaka Utara” merupakan ajang refleksi dan sebagai rasa syukur kepada Allah SWT atas dimekarkannya daerah sebagai wilayah otonomi baru.

“Dan tentu kita masih ingat sebelum dimekarkan daerah kita adalah daerah yang tertinggal dan nyaris terisolasi,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Hubungan Masyarakat (Humas) Pemda Kolut, Drs.Ramang memaparkan, kegiatan yang akan digelar dalam rangkaian “Pelangi Kolaka Utara” yakni lomba permainan dan olah raga tradisional.

“Akan diadakan berbagai kegiatan lomba dan olah raga tradisional seperti gasing, engrang, trompak, lari sarung. Sehinga diharapkan olah raga tradisional ini bisa dimasyarakatkan kembali,” ungkapnya.

Selain lomba tersebut, akan digelar juga lomba kesenian, seperti lomba dangdut tingkat kecamatan dan karaoke antar pimpinan kepala OPD, bersama pasangan.

“Ini bukan pembinaan bakat, tetapi bagimana kita mengisi perayaan HUT Kolut ini, dengan berbagai kegiatan meriah. Sehingga para tokoh pemekaran Kolut bisa melihat bahwa apa yang mereka buat 15 tahun yang lalu tetap kita hargai melalui ‘Pelangi Kolaka Utara ini,” jelasnya.

Dalam rangkaian kegiatan ini, akan digelar juga Pasar Malam untuk masyarakat mulai 3 hingga 7 Januari 2019. (a)


Terkini