KESEHATANKONAWE SELATANSULTRA

Sambut HUT Konsel ke 16, Dinkes dan BLUD RS Konsel Gelar Operasi Katarak Gratis

772
×

Sambut HUT Konsel ke 16, Dinkes dan BLUD RS Konsel Gelar Operasi Katarak Gratis

Sebarkan artikel ini
Bupati Konsel Saat membuka kegiatan operasi katarak gratis. (Foto : Erlin/Mediakendari.com/A)

Reporter : Erlin

Editor : Kang Upi

ANDOOLO – Menyambut pelaksaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) ke-16, Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit (RS) Konsel, menggelar Operasi Katarak dan Donor Darah secara Gratis.

Membuka kegiatan tersebut, Bupati Konsel Surunudin Dangga mengaku mengapresiasi acara itu sebagai salah satu upaya Pemda untuk mengatasi masalah kesehatan mata.

“Makanya saya minta Dinkes kalau bisa terus saja melakukan pendataan, penyakit apa saja yang marak diderita masyarakat kita, biar ada aktifitas yang bisa dilakukan untuk mensiasati masalah-masalah penyakit,” kata Surunuddin.

Ia juga menghimbau masyarakat Konsel untuk selalu mengutamakan pencegahan dari pada pengobatan terhadap pengakit. “Ingatkan warga agar harus aktif melakukan pencegahan penyakit. Jangan nanti sudah tidak bisa melihat baru kalang kabut,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BLUD RS Konsel dr. Boni Lambang Pramana menuturkan, awalnya panitia hanya membuka pendaftaran untuk 50 pasien katarak, menyesuaikan jumlah tim dokter dari Balai Kesehatan Mata Makasar (BKMM) yakni sebanyak 5 orang.

“Sekarang saja jumlah yang mendaftar sudah ada 171, sementara warga masih terus berdatangan,” ungkap Boni.

Dikatakan Boni, operasi ini rencananya digelar hari ini, Kamis (25/4/2019) di BLUD RS Konsel, namun sebelum melakukan tindakan operasi, pasien akan dilakukan pemeriksaan terlebih dulu untuk memastikan pengambilan keputusan tindakan oleh tim dokter.

“Kalau nantinya melebihi kuota masyarakat harus bersabar, nanti kita masih akan buka lagi dalam waktu dekat,” tuturnya. (B)

You cannot copy content of this page