EKONOMI & BISNISKendari

Sambut Kunker Menko UKM RI, Gubernur Sultra Ali Mazi : UKM Pilar Ekonomi Nasional

548
×

Sambut Kunker Menko UKM RI, Gubernur Sultra Ali Mazi : UKM Pilar Ekonomi Nasional

Sebarkan artikel ini
Gubernur Sultra, H. Ali Mazi, SH. Foto : Istimewa

Reporter : Sardin.D

KENDARI – Dalam rangka Kunjungan Kerja Menteri Koperasi dan Usaha Kecil & Menengah (Menkop dan UKM) RI, Teten Masduki melakukan kunjungan kerja ke Sulawesi Tenggara (Sultra), juga menghadiri sejumlah acara.

Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi sejak pagi telah menunggu Menteri Teten di Bandara Halu Oleo. Selanjutnya, bersama-sama menuju Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur untuk mengikuti serangkaian kegiatan, termasuk acara Semarak Pasar UKM Sultra Tahun 2020 dibuka langsung oleh menteri.

Gubernur juga menyambut baik nota kesepahaman antara Kementerian Koperasi dan UKM dengan BPJS Ketenagakerjaaan terkait perlindungan pelaku koperasi dan UMKM dalam program jaminan sosial ketenagakerjaaan. Di Sultra sendiri, terdapat 147.977 koperasi dan UMKM.

Dalam pembukaan acara tersebut, Gubernur Ali Mazi menyampaikan UKM merupakan pilar utama perekonomian nasional. Pelaku usaha dinilai menjadi tumpuan harapan untuk menyerap lapangan kerja, sumber pendapatan, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Kelompok usaha ini sangatlah rentan dengan kegagalan karena berbagai faktor, mulai dari permodalan, teknologi, hingga pemasaran, ” katanya.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra telah berupaya memberi perhatian berupa bantuan permodalan, bantuan keringanan kredit perbankan, pendidikan dan pelatihan, hingga fasilitasi pemasaran dengan melibatkan stakehoder terkait.

“Dapat kami sampaikan di hadapan Bapak Menteri bahwa kegiatan Semarak Pasar UKM Sultra adalah sebuah aksi kemitraan yang diinisiasi oleh pemerintah provinsi, melalui Dinas Koperasi dan UKM Sultra bersama Elfata Institute, yang tujuannya untuk memperkuat model pemberdayaan UKM yang selama ini telah dijalankan,” papar Gubernur.

Secara spesifik, kegiatan ini bertujuan memberikan ruang kesempatan kepada pelaku UKM dalam meningkatkan kapasitasnya, fasilitasi solusi permasalahan usaha yang dihadapi para pelaku UKM, membuka peluang fasilitasi kemitraan, promosi produk, dan meningkatkan kepercayaan diri dalam menjalankan usahanya dengan adanya penghargaan. Acara ini melibatkan pelaku UMKM, pemerintah, swasta, komunitas bisnis, perguruan tinggi dan media.

“Pemprov Sultra melalui Dinas Koperasi dan UMKM telah bergerak cepat mengimplementasikan di wilayah Sultra. Dan alhamdulillah, hal itu dapat kita wujudkan hari ini, yaitu penyerahan secara simbolis kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kepada pelaku koperasi dan UMKM,” ujar Gubernur.

Perlu diketahui, Selain membuka Semarak Pasar UKM Sultra Tahun 2020, Menteri Teten juga menjadi narasumber pada talkshow bertema “Sinergi dan Kolaborasi dalam Pemberdayaan UKM Guna Pemulihan Ekonomi Nasional” yang dirangkaikan dengan penyerahan kartu BPJS Ketenagakerjaan dan digitalisasi UMKM melalui Ayomibeli.com.

Selanjutnya, melakukan kunjungan ke Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sultra dan Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Kendari. Pada pagi hari, Minggu (13 Desember 2020), menteri bersama rombongan bersepeda santai menuju pelabuhan dan menyeberang ke Pulau Saponda, Kabupaten Konawe, melakukan dialog bersama masyarakat setempat. (3).

You cannot copy content of this page