Kendari

Sarang Burung Wallet Banyak Dicari, Alwan : Bermanfaat

1227
×

Sarang Burung Wallet Banyak Dicari, Alwan : Bermanfaat

Sebarkan artikel ini

Reporter: Dila Aidzin
Editor: Sardin.D

KENDARI – Saat ini sarang burung walet temasuk produk yang dicari karena sarang dari burung wallet banyak manfaatnya.

Hal tersebut dibenarkan oleh Alwan salah satu pengusaha budidaya Wallet di Kabupaten Bombana yang mengatakan bahwa salah satu manfaat dari sarang burung wallet adalah sebagai obat herbal.

“Manfaat sarang walet itu diantaranya itu termasuk bahan baku untuk pembuatan kosmetik, produk kecantikan, untuk obat herbal yang berguna untuk kesehatan,” ujarnya.

Lebih lanjut Alwan mengatakan bahwa budaya walet itu sangat menjanjikan untuk menunjang perekonomian masyarakat karena bisnis ini tidak menghalangi usaha-usaha lainnya.

“Makanya itu menurut saya bisnis budidaya walet ini tidak menghalangi usaha-usaha lain artinya burung walet ini kan bisa cari makanan sendiri bisa juga kita sediakan jadi tidak ada masalah,” tambahnya.

Alwan juga mengatakan bahwa untuk membuat bangunan khusus budidaya Wallet ini tidak memiliki syarat khusus tergantung dari kesiapan dana yang dimiliki.

“Untuk pembuatan bangunan sendiri tidak ada syarat khusus untuk pembuatan bangunannya tergantung biayanya kalau terbatas kita bangun sesuai dengan dana yang kita miliki,” katanya.

“Kalau masalah pemasarannya itu pembeli sarang burung walet itu datang sendiri ketempat,” tambah Alwan.

Alwan juga berharap kepada pembudidaya burung wallet pemula agar lebih memperhatikan dan lebih paham karakter burung, seperti apa tempat yang disenangi burung walet, suhunya seperti apa agar cepat burung walet cepat menghasilkan.

“Harapan saya untuk saya sendiri kepada pemerintah khususnya di Kabupaten Bombana itu, petani walet butuh pengelolaan terkait penjualannya,” pungkasnya.

You cannot copy content of this page