oleh

Saring dan Cek Ulang Informasi, Hentikan Penyebaran Hoaks

-NEWS-25 dibaca

Kotamobagu, 16 November 2021 – Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo, dilaksanakan secara virtual pada 16 November 2021 di Kotamobagu, Sulawesi Utara. Kolaborasi ketiga lembaga ini dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi. Tema kali ini adalah “Kenali Berita Bohong dan Stop Sebarkan”.

Program kali ini menghadirkan 997 peserta dan empat narasumber, yaitu Konten Kreator Digital, Valentina Melati; Presidium Mafindo, Puguh Tri Warsono; Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka/Penyiar, Wininda Qusnul Khotimah; dan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Minahasa Sulut, Agustivo J. E. Tumundo. Adapun yang bertindak sebagai moderator adalah Mila Karmila selaku Presenter dan Penyiar Radio. Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan peserta sebanyak 57.550 orang.

Pemateri pertama adalah Valentina Melati yang membawakan materi “Positif, Kreatif, dan Aman Berinternet”. Menurut dia, internet sebaiknya dimanfaatkan untuk hal kreatif dan produktif sehingga membawa dampak positif bagi masyarakat. “Jangan abaikan pula aspek keamanan saat berinternet dengan memperhatikan pengaturan keamanan dan privasi serta memperkuat kata sandi,” ungkapnya.

Pramuka

Berikutnya, Puguh Tri Warsono menyampaikan materi berjudul “Bijak Bermedia untuk Melawan Hoaks”. Ia mengatakan, berbagai konten negatif dari hoaks hingga pembajakan yang banyak beredar di dunia maya dapat menimbulkan perselisihan, kekacauan bahkan perang. Hoaks dapat dikenali lewat pemilihan kata dan judul konten provokatif, sumber kurang familiar, desain laman aneh, penggunaan huruf kapital dan tanda seru, informasi waktu tak jelas, berisikan opini bukan fakta, serta domain laman dan URL tidak benar.

Sebagai pemateri ketiga, Wininda Qusnul Khotimah membawakan tema “Mengenal Lebih Jauh Cara Menyuarakan Pendapat di Dunia Digital”. Menurut dia, dengan media digital, setiap orang berinteraksi, berpartisipasi serta berkolaborasi dalam berbagai hubungan dengan banyak orang yang melintasi batas geografis dan budaya. Karenanya, kebebasan berpendapat harus mempertimbangkan juga perbedaan budaya dan aturan yang berlaku agar tak merugikan pihak lain.

Adapun Agustivo J. E. Tumundo, sebagai pemateri terakhir, menyampaikan tema “Tips dan Pentingnya Internet Sehat”. Ia mengatakan, penggunaan internet harus dilakukan secara bijaksana memperhatikan waktu dan kondisi  di dunia nyata agar tercipta keseimbangan kehidupan. Perilaku internet sehat harus diciptakan sejak dari lingkup keluarga hingga organisasi maupun kelompok.

Setelah pemaparan materi oleh semua narasumber, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu moderator. Antusias para peserta yang mengirimkan banyak pertanyaan kepada para narasumber dihargai panitia dengan memberikan uang elektronik senilai Rp 100.000 bagi 10 penanya terpilih.

Program Literasi Digital mendapat apresiasi dan dukungan dari banyak pihak karena menyajikan konten dan informasi yang baru, unik, dan mengedukasi para peserta. Kegiatan ini disambut positif oleh masyarakat Sulawesi. Salah satu pertanyaan menarik peserta di antaranya tentang bagaimana etika untuk menyampaikan pendapat agar tak takut terjerat hukum. Narasumber menjelaskan bahwa kebebasan berpendapat dijamin konstitusi namun yang perlu diperhatikan adalah cara penyampaiannya harus santun, tidak menyinggung, merugikan atau melanggar kebebasan orang lain.

Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi akan diselenggarakan secara virtual mulai dari Mei 2021 hingga Desember 2021 dengan berbagai konten menarik dan  materi yang informatif yang disampaikan narasumber terpercaya. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti sesi webinar selanjutnya, informasi bisa diakses melalui https://www.siberkreasi.id/ dan akun sosial media @Kemenkominfo dan @siberkreasi, serta @siberkreasisulawesi khusus untuk wilayah Sulawesi.

***

Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi:

Humas Literasi Digital Sulawesi

Email                     : [email protected]

Website               : https://event.literasidigital.id

Instagram            : @siberkreasisulawesi

Twitter                 : @SiberkreasiSul

Facebook            : Siber Kreasi Sulawesi

Penulis : Redaksi

Terkini