NEWS

Sasar Daerah 3T, BI Sultra Kembali Laksanakan ERB Gunakan Kapal TNI AL

659
×

Sasar Daerah 3T, BI Sultra Kembali Laksanakan ERB Gunakan Kapal TNI AL

Sebarkan artikel ini
Sasar Daerah 3T, BI Sultra Kembali Laksanakan ERB Gunakan Kapal TNI AL

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Melanjutkan kesuksesan pelaksanaan Ekspedisi Rupiah Berdaulat (ERB) Sulawesi Tenggara di tahun 2022, Bank Indonesia (BI) bersama Markas Besar Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) kembali melaksanakan ERB Sulawesi Tenggara.

Pelaksanaan ERB Sulawesi Tenggara di tahun 2023 ini ditandai dengan pelepasan tim ekspedisi oleh Kepala Departemen Pengelolan Uang Bank Indonesia Marlison Hakim dan Wakil Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut Bapak Laksamana Pertama Retiono Kunto disaksikan oleh Staf Ahli Gubernur Sulawesi Tenggara, Forkominda Sulawesi Tenggara, Walikota Kendari hari ini 5 Mei 2023 di Pangkalan Angkatan Laut Kendari.

Keberangkatan Tim ERB Sulawesi Tenggara ini mendapat dukungan MABES TNI AL dengan menggunakan KRI Kakap (811) yang akan menuju Pulau Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, Binongko dan sebagai tambahan Pulau Runduma pada titik terjauh Wakatobi.

Ekspedisi Rupiah Berdaulat bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia yang berada di wilayah Terdepan, Terluar, dan Terpencil (3T) untuk mendapatkan uang layak edar.

Kepala Perwakilan BI Prov. Sulawesi Tenggara, Doni Septadijaya mengatakan
kegiatan ini sebagai bagian dari Perjanjian Kerja Sama antara Bank Indonesia dengan TNI AL mengenai Pendistribusian, Pengamanan, dan Pengawalan Uang Rupiah dari dan ke Bank Indonesia atau Perwakilan BI serta Wilayah Perbatasan, Terdepan, dan Terluar serta Terpencil di NKRI.

“Kerja sama strategis yang telah terjalin sejak 2012 silam ini telah diwujudkan dengan 92 kali kegiatan penukaran uang yang menjangkau sebanyak 480 pulau,” bebernya Jumat, 5 Mei 2023.

Lebih lanjut Dony memamparkan di tahun 2022 sendiri terdapat realisasi penukaran di 16 provinsi dan 81 pulau dengan nilai penukaran uang Rupiah sebesar Rp54,3 miliar. Sementara untuk tahun 2023 ini, terdapat peningkatan intensitas menjadi 17 kali kegiatan di 17 provinsi dengan target kunjungan ke 85 pulau di wilayah 3T.

“ERB Sulawesi Tenggara tahun ini, Bank Indonesia dengan dukungan Armada Kapal Perang (KRI) TNI AL akan menyalurkan Uang Rupiah Tahun Emisi 2022 sebesar 13 Milyar Rupiah meningkat signifikan dibandingkan penyaluran tahun 2022 yang mencapai 8 miliyar Rupiah,” jelasnya.

Selain kegiatan penyediaan uang layak edar, ERB 2023 turut menghadirkan kegiatan, yang meliputi: (i) Layanan Kas Keliling, (ii) Edukasi Cinta Bangga Paham Rupiah, dan (iii) Program Bantuan Sosial Dedikasi Untuk Negeri. Bahkan mulai tahun ini, cakupan kerja sama BI dan TNI AL semakin diperluas dengan: i) Kolaborasi dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dalam melakukan penyaluran Zakat, Infaq dan Shodaqoh; dan ii) Bakti Kesehatan oleh TNI AL berupa pemeriksaan kesehatan dan pengobatan secara gratis.

“Rangkaian kegiatan ERB tahun ini diawali dengan kegiatan sosialisasi QRIS, Cinta Banga Paham (CBP) Rupiah dan pembagian 500 bibit cabai kepada lebih dari 100 anggota Jalasenastri sebagai langkah sinergi Bank Indonesia dengan TNI AL pada pengendalian inflasi pangan, sekaligus launching QRIS Primkopal Lanal Kendari pada tanggal 3 Mei 2023,” pungkasnya.

Sebagai informasi, rangkaian kegiatan ERB Wakatobi 2023 akan ditutup pada tanggal 10 Mei 2023 di Wangi-wangi, Wakatobi.

Reporter: Sardin. D

You cannot copy content of this page