KONAWE KEPULAUANPENDIDIKAN

Satgas TMMD 108, Bina Mental Ideologi Pancasila

579
×

Satgas TMMD 108, Bina Mental Ideologi Pancasila

Sebarkan artikel ini
Pembinaan Ideologi Pancasila
Pembinaan Ideologi Pancasila oleh Satgas TMMD 108

Reporter : Betirudin

KONKEP – Pelaksanaan TMMD pada dasarnya melakukan dua program yakni sasaran fisik dan non fisik, hal tersebut dilakukan selain untuk meningkatkan kesejahteraan dengan pembangunan berbagai infrastruktur, juga perlu untuk memberikan pemahaman dan penyuluhan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 Kodim 1417/Kendari melakukan pembinaan mental ideologi Pancasila kepada warga Konkep dalam program saaran non fisik yang dilaksanakan di Kantor Desa Lamoluo, Kecamatan Wawonii Barat, Kabupaten Konawe Kepulauan, Sulawesi Tenggara.

Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 1417/Kendari Kapten Inf Basir Ando di daulat sebagai pembawa materi pembinaan mental ideologi Pancasila, Sabtu 11 Juli 2020.

Pembinaan mental ideologi Pancasila itu tentu sangat penting selain kegiatan fisik pada program TMMD, karena menyangkut dasar negara kita tercinta.

Kapten Basir mengatakan salah satu tujuan pembinaan mental ideologi Pancasila untuk membentengi warga di Konkep agar tidak terpengaruh oleh kelompok-kelompok tertentu, baik yang datangnya dari luar maupun dari dalam.

“Kedaulatan NKRI yang berdasarkan Pancasila harus tetap dipertahankan meskipun nyawa taruhannya, oleh karena itu, kita perlu bersama memupuk rasa persatuan dan kesatuan serta kita pertahankan Pancasila sebagai dasar negara dan mesti kita amalkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ungkapnya.

Sementara itu, Ilham warga Desa Lamoluo menuturkan dengan adanya sosialisasi seperti ini dapat menumbuhkan dan mengingatkan kembali nilai-nilai kebangsaan.

“Jangan sampai sampai mental ideologi Pancasila kita terkikis zaman, untuk itu perlu adanya kegiatan penyuluhan seperti ini agar setiap warga negara dapat mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” tuturnya. (c).

You cannot copy content of this page