Satlantas Polresta Kendari Catat Angka Laka Lantas Tahun 2022 Meningkat, Korban Didominasi Pelajar

NEWS636 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Satuan Lalu Lintas Polresta Kendari mencatat angka Kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas) di tahun 2022 mengalami peningkatan dibanding tahun lalu.

Dari Januari hingga Desember tahun 2022, tercatat 339 kejadian.

“Angka Laka Lantas 2022 ini mulai dari Januari hingga Desember dibandingkan dengan 2021 itu mengalami peningkatan,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya.

Kata dia, dari 339 kejadian itu rinciannya, korban meninggal 42 orang, korban luka berat 44 orang dan luka ringan mencapai 406 orang.

Sedangkan dibandingkan dengan tahun 2021 angka kecelakaan lalu lintas yang tercatat, mencapai 257 kejadian, dengan rincian korban meninggal dunia 42 orang, korban luka berat 2 orang dan luka ringan 295 orang.

Lanjutnya, untuk korban ataupun pelaku Laka Lantas itu rata-rata didominasi oleh pengendara di bawah umur yang masih usia produktif (pelajar).

“Laka Lantas terbanyak di usia 16 sampai dengan 30 tahun, adapun profesi korban terbanyak didominasi Pelajar, karyawan dan mahasiswa,” ucapnya.

Adapun untuk kendaraan yang terlibat dalam Laka lantas di dominasi oleh sepeda motor yang dipengaruhi beberapa faktor, antara lain, seperti yang melibatkan manusia, kondisi jalan dan cuaca.

Melihat adanya peningkatan angka tersebut, Satlantas Polresta Kendari terus gencar melakukan edukasi ke masyarakat khususnya di sekolah-sekolah agar tercipta tertib berlalu lintas dan terhindar dari Laka Lantas.

Reporter : Muhammad Ismail