Satu Pulau Korban Puting Beliung di Wakatobi Belum Dapat Bantuan

Reporter : Asrul Hamdi
Editor : Taya

WAKATOBI – Hasil identifikasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wakatobi, terdapat 75 korban akibat puting beliung yang menerjang Wakatobi pada Kamis (2/1/2020) dan Minggu (5/1/2020) dengan rincian 66 rumah di Pulau Wangi-wangi dan sembilan rumah di Pulau Kaledupa.

Sekretaris BPBD Wakatobi, La Ode Turubau menyampaikan dari hasil identifikasi tim mengelompokan dua tingkat kerusakan akibat Puting Beliung yakni kategori rusak sedang dan rusak ringan. Terkait dengan penyaluran bantuan kepada korban hingga kini belum sepenuhnya ditangani. Saat ini penanganan korban masih di Pulau Wangi-wangi. Sedangkan di Pulau Kaledupa belum tertangani.

“Untuk korban di pulau Kaledupa belum kita tangani karena pihak terdampak dari puting beliung ini belum memasukan laporan kejadian kepada BPBD secara resmi yang diketahui pihak Desa dan Kecamatan,”ungkapnya

Anggaran untuk penanganan korban yang telah tersalurkan di Pulau Wangi-wangi berkisar Rp 100 juta lebih.

“Untuk keseluruhan pulau, masih dalam tahap perampungan. Anggaran tersalurkan sudah sekitar Rp 100 juta lebih, belum ada angka pasti,”katanya.

Turubau menuturkan, pihaknya memberikan bantuan secara stimulan dengan melihat tingkat kerusakan. “Kita lihat tingkat kerusakannya, kita tidak mengganti secara keseluruhan kerugiannya. Kalau misalnya atapnya yang rusak, kita bantu atap,”tuturnya.

Ia mengatakan pada tahun pihaknya masih terkendala anggaran.
“Kita masih terkendala dengan anggaran. Sementara kita masih mencari pinjaman dari para pengusaha,”kata Turubau.

Iklan dalam Berita Ana Wonua Distributor Oli Total