oleh

Satu UPTD Disnakeswan Konawe Menelan Dana Rp 5 Miliar

-KONAWE, SULTRA-22 dibaca

Reporter : Indiana

UNAAHA – Pembangunan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Dinas Peternakan dan Kesehatan Kab Konawe di Kecamatan Onembuta memakan dana Rp 5 miliar, pembangunan UPTD ini merupakan yang pertama dari empat UPTD target.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Konawe, Jumrin, S.Pt., saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (10/1/2019) mengatakan pembangunan UPTD tersebut rencanakan akan dibangun diempat kecamatan dengan melihat luas lahan yang ada.

“Rencana awal kita itu di Kecamatan Onembuta dari empat titik yang akan kita bangun UPTD. Setiap UPTD anggaran yang kita alokasikan sebanyak Rp 5 miliar, angka ini sudah termasuk dengan pengadaan rumput untuk pakan sapi-sapi ini,” jelasnya.

Tiga titik lainnya direncanakan di Kec Padangguni, Abuki dan Amonggedo. Namun, untuk ditahun 2019 Kec Onembuta menjadi tahap awal pembangunan.

“Kemungkinan juga nanti, kita akan bangun UPTD unggas di bagian konawe pantai. Kita harapkan nantinya ada dana APBN agar bisa membangun UPTD-UPTD ini. Kalau untuk pembelian lokasinya kita serahkan di Kabag Pemerintahan, jadi itu wilayah mereka, kami hanya membangun fisiknya,” bebernya.

Jumrin menambahkan, Bupati dan Wakil Bupati Konawe yang begitu menggebu-gebu melalui program sejuta ton daging ini sangat diapresiasi pihaknya. Namun, untuk ditahap awal pihak Disnakeswan belum bisa menampung bibit sapi secara keseluruhan, yang berjumlah 1000 ekor bibit sapi brahman cross dengan hanya luas lokasi pembibitan 25 hektar. Kemungkinan terbesarnya pihaknya akan menyerahkan kepada masyarakat.

Terkini