Sawah yang Terendam Banjir di Konut Sebagian Besar Telah Dipanen

Reporter : Mumun

Editor : Kang Upi

WANGGUDU – Banjir yang melanda empat Kecamatan di Kabupaten Konawe Utara (Konut) Sulawesi Tenggara (Sultra), sejak Minggu kemarin (2/6/2019) telah merendam rumah-rumah warga yang tersebar di empat Kecamatan, tak terkecuali lahan pertanian warga.

Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Konut Djasmiddin mengatakan, sawah milik warga yang terdapat di Kecamatan Andowia, Asera, Oheo habis terendam banjir semua.

“Lebih-lebih persawahan semua terendam. Jadi sudah tidak ada sisa kalau persawahan. Ada berapa ribu hektare sudah terendam semua,” katanya, Senin (3/6/2019).

Syukurnya, dari hasil pantauan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konut, lahan pertanian warga dalam hal ini sawah yang terendam banjir sebagian besar telah dipanen oleh petani.

“Sawah rata-rata sudah habis panen, Kecamatan Oheo sudah sebelah kiri jalan menuju Sulteng masih aman di situ, ratusan hektare yang terendam belum dipanen tapi tidak sampai merendam padinya. Yang sebelah kanan terendam semua tapi sudah panen. Kalau kita hitung ada ribuan hektare yang terendam, tapi sebagian sudah dipanen,” ujar Djasmiddin.

Iklan dalam Berita Ana Wonua Distributor Oli Total