oleh

SDN 5 Kendari Baruga Ikutkan Siswanya Imunisasi Measles Rubella

KENDARI -Sebanyak 340 siswa-siswi Sekolah Dasar Negeri (SDN) 05 Baruga Kota Kendari diikutkan dalam  imunisasi Meales Rubella (MR) yang dilaksanakan oleh Puskesma Wuawua, Senin (06/08/2018).

Kepala Sekolah SDN 05 Baruga, Hj Djasni  katakan, pelaksaan imunisasi setelah mendapat persetujuan dari orangtua mereka,  melalui surat Puskesmas Wuawua.

Menurut dia,  ada beberapa siswa yang tidak diikutkan dalam imunisasi ini dengan alasan sakit. Namum akan disweeping kelas untuk mengimunisasi kembali para siswa yang imunisasinya sempat tertunda.

“Memang ada beberapa siswa yang tidak di imunisasi karna sedang tidak sehat. Dalam pelaksanaan imunisasi ini, banyak juga orang tua siswa yang mendampingi anaknya,” ucapnya saat ditemui di ruang kerjanya,  Senin (06/08/2018).

“Sekolah kami menyambut baik program imunisasi ini supaya anak didik tidak rentan dengan berbagai ancaman penyakit,” jelas istri Kepala Dinas Kominfo Sultra ini.

Sementara itu, salah satu Tim Supervisi Dinkes Kota Kendari, Hartini Yuliaty mengatakan bila imunisasi MR merupakan program pemerintah pusat.

Kegiatan tersebut adalah untuk memberikan vaksin terhadap ancaman penyakit campak dan rubella dengan sasaran anak usia 9 bulan dan kurang dari 15 tahun.

Lanjutnya, pelaksanaan imunisasi dipantau langsoleh Dinas Kesehatan (Dinkes) provinsi dan kabupaten/kota yang langsung datang ke sekolah-sekolah dan fasilitas pelayanan kesehatan.

“Sebagai tim supervisi, kami memantau pencanangan imunisasi. Memastikan pelaksanaannya berjalan baik dan kami anggap semua lancar-lancar saja,” ucap Hartini.

Pihaknya, memantau secara tehnis, ada beberapa kriteria yang harus dilakukan, misalnya suhu vaksin harus tetap terjaga dan terpantau, jadi mereka jalan dengan termosnya.

“Alhamdulillah sampai saat ini semua sudah hari ke lima berjalan lancar,” terangnya.(a)


Reporter : Rahmat R

Terkini