NEWS

Sebanyak 86 Desa di Konsel Bakal Laksanakan Pilkades Tahun Ini

1380
×

Sebanyak 86 Desa di Konsel Bakal Laksanakan Pilkades Tahun Ini

Sebarkan artikel ini
Kepala DPMD Konsel Anas Mas'ud (Kanan) bersama kedua Kepala Bidang DPMD

KONAWE SELATAN – Sebanyak 86 desa yang berada di 24 kecamatan di kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) akan melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) Serentak pada tahun 2022.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Konsel Anas Mas’ud, menjelaskan dari 25 Kecamatan yang ada di wilayah Konawe Selatan, sebanyak 24 Kecamatan pada tahun ini akan melaksanakan pemilihan kepala desa serentak.

“24 Kecamatan tersebut yakni, kecamatan Andoolo sebanyak 2 desa, Andoolo Barat sebanyak 1 desa, Angata 5 desa, Basala 2 desa, Baito 1 desa, Benua 1 desa, Buke 1 desa, Kolono Timur 2 desa, Konda 7 desa, Laeya 2 desa, Lalembu 5 desa, Landono 7 desa, Laonti 13 desa, Moramo 3 desa, Moramo Utara 3 desa, Mowila 9 desa, Palangga 1 desa, Palangga Selatan 1 desa, Ranomeeto 5 desa, Ranomeeto Barat 2 desa, Sabulakoa 7 desa, Tinanggea 2 desa dan Wolasi 3 desa,” beber Anas.

Sementara itu, lanjut Anas, tahapan pemilihan kepala desa dari 86 desa tersebut akan dimulai sejak 7 Februari 2022 mendatang.

Baca Juga : Perempuan di Puuwatu Diciduk Polisi Karena Diduga Edarkan Sabu 

” Tahapan dimulai sejak 7 Februari dengan memasuki tahapan pembentukan panitia pemilihan kepala desa oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dengan kriteria jika jumlah wajib pilih dibawah 1.000 orang maka panitia sebanyak 9 orang dan jika wajib pilih diatas 1.000 orang maka panitianya berjumlah 11 orang,” jelasnya.

Kemudian untuk tahapan pemungutan suara pemilihan kepala desa, tambah Anas itu akan dilaksanakan pada 22 Mei 2022.

” Sesuai jadwal pemungutan suara pemilihan kepala desa akan dilaksanakan pada 22 Mei 2022 mendatang,” terang anas

Oleh karena itu, Anas berharap pada pemilihan kepala desa nanti masyarakat dapat berperan untuk mensukseskan pemilihan kepala desa yang hanya dilaksanakan 6 tahun sekali setiap Desa.

” Kita harapkan pemilihan ini dapat berjalan sesuai dengan harapan kita bersama, tidak ada masalah dan kendala, lebih lagi upaya pencegahan COVID-19 dalam pelaksanaan Pilkades benar-benar di perhatikan oleh panitia,” pungkasnya.

Penulis : Erlin

You cannot copy content of this page