oleh

Sejumlah OPD di Baubau Dirombak

-NEWS-234 dibaca

Penulis : Ardilan

BAUBAU – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) merombak sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD). Dalam perombakan itu diusulkan penggabungan dan pembentukan baru empat OPD.

Perombakan sejumlah OPD itu berdasarkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Perubahan atas Perda Nomor 5/2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Baubau yang diusulkan ke DPRD Kota Baubau, Senin 08 Februari 2021.

Adapun empat OPD yang dirombak adalah OPD yang baru dibentuk yakni Dinas Kebudayaan dan Badan Pendapatan Daerah. Sementara OPD yang digabung yakni Dinas Pendidikan dan Dinas Pemuda dan Olahraga serta Dinas Pertanian dan Dinas Ketahanan Pangan.

Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse mengungkapkan usulan Raperda perombakan OPD lingkup Pemkot Baubau merujuk pada Peraturan Menteri Dalam (Permendagri) Negeri Nomor 99/2018 nomor 3 tentang Pembinaan dan Pengendalian Penataan Perangkat Daerah dan Permendagri Nomor 90/2019 tentang Klasifikasi, Kodifikasi, dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah.

Terkait pengisian jabatan pimpinan OPD itu, kata Monianse, pihaknya akan melakukan lelang atau pergeseran pimpinan dari OPD lainnya.

“Nanti ditanyakan (Pengisian pimpinan OPD) ke pak Sekda (Roni Muhtar) untuk jelasnya selaku pejabat berwenang,” ucap Politisi PDIP itu.

Orang nomor dua di daerah eks pusat Kesultanan Buton ini menjelaskan perubahan sejumlah Perda juga menyesuaikan dinamika sosial kemasyarakatan dan peraturan perundangan. Ia menilai perubahan tersebut sangat obyektif berdasarkan skoring.

“Kalau berdiri sendiri skornya rendah. Lebih bagus digabung,” ujarnya.

Ia menambahkan sejumlah OPD lainnya juga memiliki peluang ditingkatkan tipologinya seperti Sekretariat DPRD, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Pariwisata, Satuan Pol-PP, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Badan Penelitian dan Pengembangan serta Kecamatan Murhum.

Terkini