NEWS

Sekda Chadidjah Tim Satgas Ketahanan Pangan Lakukan Operasi Pasar Jelang Ramadan

534
×

Sekda Chadidjah Tim Satgas Ketahanan Pangan Lakukan Operasi Pasar Jelang Ramadan

Sebarkan artikel ini

KONAWE SELATAN – Guna menjamin ketersediaan, distribusi dan stabilitas harga pangan di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sekretaris Daerah (Sekda) Konsel Hj St Chadidjah bersama Satuan Tugas (Satgas) Ketahanan Pangan (Ketapang) Konsel melakukan Operasi Pasar.

” Operasi ini dilakukan untuk memantau ketersediaan serta memastikan bahan pokok kebutuhan sehari-hari dalam keadaan stabil terlebih lagi menjelang bulan Ramadhan yang tinggal menghitung hari lagi,” ucap Chadidjah didampingi Kadis Ketahanan Pangan Setia Ningsih Mangidi, Tim Satgas Ketapang dan Aparat TNI-Polri saat diwawancara usai melakukan pengecekan harga bahan pokok pangan di pasar Desa Ambololi Kecamatan Konda. Minggu,19 Maret 2023.

Mantan Kadis Perindag Konsel ini, mengaku dari hasil pantauan tersebut, harga berbagai macam bahan pokok tidak ada yang mengalami kenaikan signifikan. Kendalanya kata dia, para pedagang mengeluhkan kurangnya minat beli warga terhadap beberapa komuditas pangan.

” Alhamdulilah untuk ketersediaan stok sembako selama bulan puasa dipastikan aman, meski ada sedikit kenaikan harga seperti cabe rawit namun bisa dijangkau oleh masyarakat. dan kenaikan itu akan kami pantau terus perkembanggannya,” kata Chadidjah.

Dikesempatan itu Chadidjah,menghimbau seluruh pedagang maupun distributor agar tidak menaikan harga bahan pangan yang tidak sesuai dengan ketentuan hingga dapat merugikan masyarakat dan ditegaskan agar tidak ada aksi penimbunan sembako oleh oknum manapun.

Chadidjah juga mengingatkan kepada pedagang Takjil dalam membuat jajanan atau makanan buka puasa untuk tidak menggunakan bahan-bahan berformalin atau sejenisnya.

” Pada prinsipnya kegiatan ini tentunya untuk mendukung kebijakan Pemkab konawe selatan dalam mengendalikan harga dan inflasi sehingga tidak memberatkan masyarakat,” pungkasnya.

Salah satu warga desa Ambololi Desi, yang sedang berbelanja berharap agar operasi pasar yang dilakukan oleh Satgas Ketahanan Pangan Kabupaten konsel ini dapat memberikan dampak positif untuk ketersediaan bahan pangan selama bulan puasa nanti dan dapat memonitor stabilitas harga bahan pokok yang tidak memberatkan kantong masyarakat.

Sementara, Kadis Ketapang Konsel Setia Ningsih Mengidi mengatakan kegiatan operasi pasar yang dilakukan tim satgas ketahanan pangan konsel di laksanakan sejak Jumat kemarin dengan menyusuri pasar-pasar yang ada di setiap kecamatan.

” Alhamdulillah dari data-data yang kami temukan dilapangan ketersedian pangan di konsel Surplus,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi serta menekan terjadinya inflasi pihaknya terus berkoordinasi dengan tim satgas ketahanan pangan. Agar harga pangan tetap stabil. Selain itu, lanjutnya pihaknya juga terus menjalin komunikasi dengan berbagai mitra satgas ketahanan pangan seperti Badan Usaha Milik Petani, Distributor serta mitra-mitra OPD lainnya.

” Sejak Januari kami bersama tim satgas ketahanan pangan melakukan koordiansi di semua sektor terkait,” terangnya.

Penulis:Erlin.

You cannot copy content of this page