KONAWENEWSPOLITIK

Sekda Ferdinand, Pj Bupati Konawe dalam Launching Sistem Kearsipan SRIKANDI

518

KONAWE, mediakendari.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe melakukan launching pertama kali ini merupakan aplikasi yang dikeluarkan oleh arsip nasional Republik Indonesia ( ANRI ) untuk membantu pengelolaan arsip dinamis.Penjabat (Pj) Bupati Konawe, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe, Ferdinand, meresmikan peluncuran Sistem Informasi Kearsipan Dinamis dan Terintegrasi (SRIKANDI), Sebagai bagian dari upaya peningkatan manajemen arsip pemerintah daerah melalui teknologi digital.

Membuka Launching System Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi ( SRIKANDI ),PJ. Bupati Konawe Stanley yang diwakili oleh Sekda Kab. Konawe Dr. Ferdinand S.P..,M.H., Ketua Tim Pembinaan Kearsipan Wilayah Timur II Arsip Nasional Republik Indonesia Drs. BANU PRABOWO M. Si., beserta jajarannya, Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Kabupaten Konawe MUSAKKIR ALQIFLI S. Kel., M., AP., Forkopimda, Asisten dan Staff Ahli, para kepala OPD, Dan para Camat yang sempat hadir, Kegiatan Launching ini Bertempat diAula Hotel Grand Nugraha, Kamis, ( 12/09/2024 ).

“Dalam sambutannya, Ferdinand menyampaikan bahwa penerapan SRIKANDI merupakan langkah strategis untuk memperbaiki sistem kearsipan di Konawe, sekaligus mendorong transparansi dan efisiensi dalam pengelolaan arsip. “Sistem ini akan membantu kita dalam menjaga arsip-arsip penting dan mendukung keterbukaan informasi publik,” kata Ferdinand.

“Lanjut, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Konawe Musakkir Alqifli dalam sambutannya mengatakan bahwa Hari ini adalah pembina kearsipan untuk area di Sulawesi Tenggara dalam rangka untuk peluncuran launching kearsipan SRIKANDI sistem informasi kami pasti dinamis dan berinteraksi yang memang menurut kami ini prosesnya sudah lumayan panjang sudah berinjak di tahun ke- 3 ini proses sosialisasi sampai tahun ini.

Dan sebagai arahan seluruh organisasi pemerintahan sudah bisa mengantisipasi ini dan Alhamdulillah hari ini sudah kita bisa laksanakan, kegiatan launching ini sesuai kesempatan kami sama pak sekda dan kami perlu sampaikan kepada teman-teman bahwa pak sekda ini sangat konsen dengan hal-hal yang seperti ini

Dan untuk saat ini perkembangan teknologi Informasi sudah tidak bisa kita lagi ketinggalan mengenai aplikasi SRIKANDI ini, dan harus mau tidak mau proses digitalisasi berada di pelayanan masyarakat dan pemerintahan harus sudah kita biasakan dan harus mulai dari sekarang harusnya kita mengetahui dengan perkembangan digitalisasi ini.

Kegiatan launching ini sebagai simbol formalitas saja karena kenapa dari awal memang pak sekda sudah mensupport kami bahwa awal tahun di 2024 ini kita harus sudah launching dan memakai, tetapi berbagai macam tata mulai dari teknis maupun administrasi lainnya.

Dan hari ini kita sudah dapat kesempatan dan momen ini kita harus manfaatkan bahwa penegasan PJ.bupati dan sekda harus kita memaksimalkan semaksimal mungkin untuk mengunakan aplikasi SRIKANDI Ini.

“Ketua Tim Pembinaan Kearsipan Wilayah Timur II Arsip Nasional RI Banu Prabowo mengatakan dalam sambutan bahwa menekankan pentingnya kearsipan sebagai bagian dari pengelolaan data dan informasi yang berkelanjutan. “Arsip bukan hanya catatan masa lalu, tetapi juga sumber daya penting untuk pembangunan berkelanjutan. Dengan arsip yang terkelola baik, kita dapat merencanakan masa depan dengan lebih baik,” ujarnya.

Ia juga menekankan peran penting ANRI dalam membina instansi di wilayah Timur Indonesia, terutama dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga dan mengelola arsip dengan standar yang baik. “Kami berharap kegiatan pembinaan ini dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada para peserta mengenai pentingnya kearsipan, sehingga bisa diimplementasikan dengan baik di wilayah masing-masing,” tambahnya.

Dalam aplikasi SRIKANDI ini diharapkan dapat memperkuat kemampuan pengelolaan arsip secara terpadu di setiap sektor pemerintahan, sekaligus mempercepat proses administrasi dan pelayanan kepada masyarakat.

Laporan : Redaksi

You cannot copy content of this page

You cannot print contents of this website.
Exit mobile version