Sekelompok Pemuda di Baubau Diciduk Polisi, Akibat Bikin Video Lelucon Bom

BAUBAU – Kelompok pemuda yang tergabung dalam Grup Pambers (Pampang Bersatu) diciduk oleh Aparat Polres Baubau akibat membuat sebuah video ‘Memperagakan seseorang membuang bom kepada sekelompok orang’ di area Benteng Keraton Kelurahan Melai Kecamatan Murhum pada Rabu, 30 Mei 2018.

Niat iseng, namun video tersebut pun terlanjur viral usai diupload oleh salah satu dari kelompok tersebut ke media sosial, sehingga memunculkan keresahkan bagi masyarakat.

“Satuan Polsek Wolio Polres Baubau berhasil menangkap semua pemeran video tersebut dalam waktu 5 jam. Mereka berjumlah 11 orang,” ucap Kapolres Baubau, AKBP Daniel W Mucharam dalam rilisnya, Kamis malam (31/5/2018).

Dikatakan, video yang viral tersebut dibuat berdasarkan inisiatif salah satu pelaku laki-laki dengan inisial AA serta direkam oleh pelaku lainnya laki-laki berinisial RF bin LF (17).

Selang beberapa lama, video tersebut selesai dibuat, lanjut Daniel, pukul 18.30 Wita AA (Inisial, red) mengirim video tersebut ke salah satu Grup Pmrs.

“Ternyata salah satu rekan mereka dengan inisial AZ Bin ZR mengupload video tersebut ke temannya yang berinisial AS melalui pesan Whatsapp,” ujarnya.

“Setelah setengah jam kemudian atau tepatnya pukul 19.00 Wita mereka baru mengetahui kalau video tersebut telah viral di Media Sosial lainnya seperti Instagram, Facebook, Whastsapp Grup dan lainnya,” beber Daniel.

Perwira dua melati itu menuturkan, esoknya atau pada Kamis 31 mei 2018 sekitar pukul 14.00 Wita aparat Kepolisian berhasil mengamankan para pelaku pembuat dan penyebar video viral tersebut di beberapa tempat berbeda.

“Barang bukti yang diamankan berupa selembar sajadah, 1 lembar sarung, 1 buah songkok atau peci dan sebuah handphone genggam,” tandasnya.

Diketahui, identitas kelompok pemuda tersebut, berupa peran dan identitas :

1). MF, 18 Thn, Islam, Bugis, Tamat SMA, Batupoaro Kota Baubau (pemeran membuang bom tas).

2). LA, 17 Thn, Buton (Wakatobi), Islam, Tamat STM, Alamat Betoambari Kota Baubau

3). JR, 18 Thn, Islam, Buton, Tamat SMA, Wolio Kota Baubau.

4). AR, 18 Thn, Islam, Buton, Tamat SMA, alamat Murhum Kota Baubau.

5). RF, 17 Thn, Islam, Buton, Tamat SMA Betoambari Kota Baubau.

6). AP, 20 Thn, Islam, Buton, Islam, Tamat STM, Alamat Betoambari Kota Baubau.

7). MI, 18 Thn, Islam, Buton, Tamat SMA Baubau, Alamat Wolio Kota Baubau.

8). IZ, 17 Thn, Islam, Buton, Tamat STM, Alamat Betoambari Kota Baubau.

9). WF, 17 Thn, Islam, Buton, Tamat SMA Baubau, Alamat Kokalukuna Kota Baubau.

10). MA, 18 Thn, Islam, Buton, Tamat SMA, Baubau, Alamat Kokalukuna Kota Baubau.

11). AA, (Masih dalam pencarian dan berperan sbg sutradara).


Reporter: Ardilan
Editor: Hendriansyah
Iklan dalam Berita Ana Wonua Distributor Oli Total