NEWS

Sekwan Kota Kendari Ikuti Lomba Mondarima Osara

650
×

Sekwan Kota Kendari Ikuti Lomba Mondarima Osara

Sebarkan artikel ini

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari, Adriana Musaruddin mengikuti Lomba Mondarima Osara memperingati HUT Kota Kendari ke 192.

Adriana Musaruddin mengikuti lomba tersebut bersama sejumlah Kepala OPD lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari di Pelataran Tugu Religi Ex MTQ pada Rabu 2 Mei 2023.

Lomba yang menjadi rangkaian festival budaya memperingati HUT Kota Kendari ke 192 ini digelar di Pelataran Tugu Religi Ex MTQ yang akan menjadi pusat pelaksanaan HUT Kota Kendari.

Mondarima Osara adalah salah satu rangkaian prosesi dalam upacara adat pada masyarakat Suku Tolaki, yang bertujuan sebagai permohonan izin sebelum upacara adat dimulai.

Dimana, permohonan izin untuk memulai acara ini dilakukan dengan menemui pemerintah setempat atau kepada sesepuh yang dihormati dalam wilayah tempat pelaksanaan acara adat.

Permohonan izin untuk memulai acara ini dilakukan dengan membawakan kalosara kepada pihak yang ingin diminta izinnya. Kalosara atau yang biasa disebut juga dengan kalo merupakan sebuah simbol hukum adat pada budaya Tolaki.

Kalosara digunakan dalam berbagai aturan hukum adat seperti hukum dalam bidang pemerintahan, pertanahan, perkawinan, pewarisan, utang-piutang, konflik dan penyelesainnya, serta banyak bidang lainnya.

You cannot copy content of this page