oleh

Selama PPKM, Maskapai Wings Air Tak Beroperasi di Bandara Betoambari

 

Penulis : Ardilan

BAUBAU – Maskapai Wings Air tak akan beroperasi sementara waktu selama masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Bandara Betoambari Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Penerbangan Wings Air untuk rute Makassar – Baubau dan Baubau – Kendari akan dihentikan mulai 08 Juli sampai dengan 20 Juli 2021. Pemberitahuan tersebut juga telah diterima oleh pihak Bandara Betoambari.

“Penghentian sementara penerbangan Wings Air karena tiga surat edaran yakni surat edaran Menteri Perhubungan tentang syarat perjalanan saat pemberlakuan PPKM, Satgas Covid-19 dan Gubernur Sulawesi Tenggara yang menyaratkan penumpang pesawat harus bebas dari Covid-19 dibuktikan dengan hasil PCR. Sedangkan alat PCR belum cukup memadai di Baubau,” ungkap Kasubsi Teknis, Operasional, Keamanan dan Pelayanan Darurat (TOKPD) Bandar Udara Betoambari Baubau, La Rano Jum’at 09 Juli 2021.

Rano mengatakan karena belum ditunjang fasilitas PCR yang memadai maka penumpang akan merasa diberatkan sehingga dapat menyebabkan jumlah penumpang menurun.

“Untuk menghindari kerugian maka maskapai Wings Air memutuskan untuk menghentikan penerbangan hingga masa PPKM selesai,” katanya.

Rano mengaku saat ini tinggal maskapai Citilink yang melayani penerbangan di Bandara Betoambari dengan satu kali penerbangan dalam sehari rute Baubau-Makassar.

“Cuma kami juga masih menunggu kepastian dari maskapai Citilink apakah akan tetap beroperasi atau juga akan menghentikan sementara operasionalnya beberapa hari kedepan,” ujarnya.

Ia menambahkan tren penumpang di Bandara Betoambari turun hingga 50% pasca Satgas Covid-19 mengeluarkan surat edaran yang mengatur syarat perjalanan.

Terkini