oleh

Seleksi Calon Anggota Polisi di Polres Konawe Selatan, Jurusan Bintara Banjir Peminat

-NEWS-658 dibaca

 

Reporter:Erlin

KONAWE SELATAN – Pendaftaran calon anggota Polri terpadu tahun 2021 telah dibuka mulai 19 Maret 2021 hingga 1 April 2021 mendatang, melalui satuan kewilayahan di seluruh daerah.

Untuk di Polres Konawe Selatan, jurusan Bintara Polri banjir peminat dibanding untuk jurusan Akpol, maupun Tantama Polri.

Kepala Bagian (Kabag) Sumber Daya Manusia (SDM) Polres Konsel, AKP Prasadja menjelaskan, sejak dua hari terbuka pendaftaran, rata-rata didominasi pendaftar untuk jurusan bintara.

“Dari tiga jurusan yakni, Akpol, Bintara dan Tamtama hampir rata-rata calon anggota polisi mendaftar Bintara,” ungkap AKP Prasadja di Aula Polres Konsel, Selasa, 30 Maret 2021.

Menurutnya, tingginya pendaftar seleksi untuk jurusan Bintara, karena jurusan tersebut di tahun ini penerimaannya paling banyak dibanding untuk jurusan Akpol dan Tamtama.

“Tahun ini pemerimaan calon Bintara se-Indonesia sebanyak 10.650, kemudian Akpol 175 dan tamtama 700 orang,” beber Mantan Kasat Bimnas Polres Kolaka ini saat mengawasi proses pendaftaran.

AKP Prasadja mengungkapkan, hingga saat ini jumlah pendaftar di Polres Konsel untuk pendaftar Akpol sebanyak 7 orang, Bintara sebanyak 83 dan Tamtama sebanyak 3 orang.

Dijelaskanya, pendaftaran calon anggota polisi di Polres Konsel hanya sebagai awal selanjutnya berkas pendaftar yang telah diverifikasi akan dilanjutkan ke Polda Sultra, untuk selanjutnya di kirim pusat,” kata dia.

Mantan Kepala Keuangan Polda Sultra ini menambahkan, dalam proses pendaftaran ini, turut dilibatkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil (Disdukcapil), Dinas PK dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

“Beberapa lembaga yang dilibatkan ini bertujuan sebagai lembaga pengawasan,” pungkasnya. /B

Terkini