NEWS

Semarakkan HUT Konawe ke 63, Disnakeswan Bakal Panen Ratusan Pedet Sapi PO

428
×

Semarakkan HUT Konawe ke 63, Disnakeswan Bakal Panen Ratusan Pedet Sapi PO

Sebarkan artikel ini

KONAWE, MEDIAKENDARI.COM – Menyemarakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Konawe melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) bakal menggelar panen pedet perdana pada 2 Maret 2023 mendatang.

Kepala Disnakeswan Konawe, Jumrin menjelaskan, pihaknya menyiapkan 300 ekor sapi unggulan jenis Peranakan Ongole (PO) untuk persiapan panen pedet pada 1 Februari 2023.

Menurutnya, sapi tersebut berasal dari berbagai kecamatan di Kabupaten Konawe yang di bimbing langsung tim Inseminasi Buatan (IB) Disnakeswan Konawe.

“Sebenarnya ada ribuan ekor sapi unggulan kita di Konawe, namun kami hanya siapkan 300 ekor saja yang tiap kecamatannya kami ambil sekitar 20 ekor, tapi kami masih kondisikan karna masih dilakukan seleksi,” ujar Jumrin.

Ia juga menjelaskan, dari 300 ekor sapi yang di persiapkan, terdapat sekitar 60 ekor yang akan di ikutkan dalam kontes pameran yang secara bersamaan digelarnya panen pedet.

“Sapi yang akan di ikutkan kontes itu berumur kira-kira 2,5 tahun dan beratnya berkisar 400 sampai 600 kilo gram, bahkan ada yang lebih,” ungkap Jumrin.

Dari data yang dimiliki, panen pedet kali ini hanya sebagian kecil sapi yang di ikutkan, karena dari Hasil IB terdapat kurang lebih 6500 ekor sapi yang berhasil di kembangkan.

Sedangkan untuk sapi yang dikembang biakan secara Kawin Alam (KA) terdapat kurang lebih 6000 ekor di tahun 2022.

“Secara keseluruhan menurut data yang ada di tahun 2022, ada sekitar 12.500 ekor lebih sapi yang akan dipanen, namun kita terkendala di anggaran dan lokasi panen pedet juga tidak memungkinkan,” tutup Jumrin.

You cannot copy content of this page