oleh

Sepuluh Siswa Dapat Beasiswa dari SMANSA 95 Foundation

Reporter : Rahmat R

Editor : Kang Upi

KENDARI – Sebanyak 10 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) 1 Kendari mendapat beasiswa dari SMANSA 95 Foundation (95). Jenis beasiswa yang diterima yakni 6 beasiswa alumni, 3 berprestasi dan 1 umum Smansa.

Beasiswa ini diserahkan kepada siswa secara simbolik dalam kegiatan temu alumni di Tamkot Kendari pada Minggu (23/12/2018).

SMANSA 95 Foundation adalah yayasan sosial yang didirikan tahun 2016 oleh alumni SMANSA angkatan tahun 1995. Dan telah terdaftar sebagai yayasan sosial resmi dengan akta notaris sejak tahun 2017 lalu.

Ketua Smansa 95 Foundation Samsul Alam dalam sambutannya mengatakan, beasiswa alumni 95 (BA95) adalah bantuan khusus kepada pelajar, untuk menempuh studi di SMANSA Kendari.

“Bantuan ini kami berikan khusus kepada anak kandung alumni SMANSA 95 yang telah meninggal dunia. Sementara beasiswa berprestasi diberikan kepada siswa yang berprestasi berdasarkan rekomendasi sekolah,” paparnya.

Selain itu, ada juga beasiswa umum diberikan kepada siswa dari masyarakat umum berdasarkan hasil pantaun alumni.

Dijelaskannya juga, setiap siswa akan mendapatkan dana sebesar Rp 1 juta dan bantuan sendiri terus berjalan dan diberikan kepada anak para alumni, hingga lulus S1 mendatang.

“Sejak berdiri pada tahun 2016 lalu, penerima BA95 sudah mencapai 18 orang, artinya pemberian beasiswa kali ini untuk ketiga kalinya,” bebernya.

Terkait sumber dana dari komunitas sosial tersebut, adalah dari hasil iuran para alumni. Setiap orang mengumpulkan iuran dengan nominal sebesar Rp. 10 ribu perbulan.

“Tetapi biasanya ada beberapa alumni juga yang mempunyai rezeki lebih jadi mereka membayar iuran diatas besaran ketentuan normal yang disepakati tersebut,” ungkap Samsul.

Sampai saat ini, kas yang ada di rekening yayasan yang telah terkumpul hingga saat ini kurang lebih Rp 31 juta.

“Alhamndulillah kegiatan pemberian beasiswa ini kita agendakan dua kali setahun,” tukasnya.

Selain memberikan beasiswa, 95F juga aktif memberikan bantuan sosial lainnya, seperti Qurban, Santunan, serta infaq ramadan. Hingga Desember 2018, 95F telah mengelola dana pendidikan sebesar Rp 51 juta dan kegiatan sosial sebesar Rp 16.911.00.

Temu alumni ini juga dirangkaikan dengan senam Zumba dan Talkshow, yang akan diisi oleh narasumber yakni Plt Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, Wakil Bupati Wakatobi, Ilmiati Daud, serta Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Sri Yastin. (b)

Terkini