oleh

Sesuai Jadwal, Wali Kota Baubau dan Bupati Konawe Dilantik 20 September

KENDARI – Pelantikan pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Baubau,  AS Tamrin dan La Ode Monianse serta Bupati dan Wakil Bupati Konawe Kerry Saiful Konggoasa – Gusli Topan Sabara (KSK – GTS) bakal dilantik pada 20 September 2018 mendatang.

Jadwal tersebut sudah disebutkan dalam surat Kemendagri dengan nomor 270/720/OTDA tentang Penegasan Terkait Pelaksaan Pilkada Serentak Tahun 2018.

Bahwa pelantikan tahap pertama direncanakan pada hari Kamis 20 September 2018, diikuti oleh daerah yang akhir masa jabatan Bupati/Wakil Bupati dan Wali Kota/Wakil Wali Kota mulai dari Januari sampai pada 17 September 2018.

Kepala Bagian (Kabag)  Otonomi Daerah (Otda) Biro Pemerintahan Setda Sultra,  Tomy Indra Sukiadi mengatakan saat ini pihak pemerintah provinsi tinggal menunggu hasil pleno dari DPRD kabupaten ataupun kota masing-masing.

Kata dia, tahapan pengusulan penetapan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) harus melalui pemerintah provinsi.

“KPU sudah menetapkan para pemenang melalui pleno KPU,  diserahkan kepada DPRD dan DPRD juga menggelar pleno, setelah itu akan menyurat kepada Mendagri melalui Gubernur Sultra untuk proses penetapan keputusan dalam negeri sebagai Wali Kota dan wakil Wali Kota Baubau. Hal ini juga sama pada Bupati dan Wakil Bupati Konawe,” urai Tomy saat ditemui di kantor Gubernur Sultra,  Rabu (15/08/2018).

Ditanyai jadwal pelantikan,  ia belum bisa menyebutkan secara rinci,  namum pasti akan menyesuaikan dengan pihak Kemendagri.

“Kemungkinan September mengikuti jadwal pelantikan pada periode pertama,” bebernya.(a)


Reporter : Rahmat R

Terkini