KONAWE SELATAN

Siaga Corona, Petugas Kesehatan di Konsel Bakal Dibekali APD

205
×

Siaga Corona, Petugas Kesehatan di Konsel Bakal Dibekali APD

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) dr. Maharayu

Reporter:Erlin

ANDOOLO – Seluruh petugas kesehatan di Puskesmas hingga RSUD di Konawe Selatan (Konsel) bakal dibekali alat pelindung diri (APD) untuk siaga menghadapi kemungkinan adanya pasien Corona.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Konsel dr. Maharayu menjelaskan, hal itu perlu dilakukan meski RSUD Konsel bukan sarana RS isolasi, hanya penanganan sementara.

Menurutnya, bila ada pasien Corona tentu tidak bisa langsung diisolasi ke RS Bahteramas, untuk itu APD akan disiagakan untuk petugas yang mengantar pasien Corona.

“Untuk pengadaan APD sendiri masih menunggu Juknisnya, sebab penganggaranya bersumber dari DAK sesuai intruksi dari Kementirian Keuangan,” kata Maharayu di ruang kerjanya, Selasa, 17 Maret 2020.

Mantan Dirut RSUD Konsel ini juga menuturkan, APD tersebut akan disiapkan untuk semua petugas kesehatan baik di Puskesmas, maupun RS di Konsel untuk mencegah dari bahaya Corona.

dr. Maharayu juga menjelaskan, pembelian APD dilakukan sesuai intruksi Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga, dalam pembahasan rapat terkait corona yang digelar Senin 17 Maret 2020.

“Dalam penanganan wabah Corona, bupati menghimbau perlunya perlindungan bagi petugas kesehatan agar tidak terpapar virus tersebut, sebab petugas bersentuhan langsung dengan pasien, ” jelasnya.

Ia juga meminta petugas kesehatan di instansinya maupun seluruh Puskesmas di Konsel agar menerapkan pola hidup sehat dan bersih agar terhindar dari virus maupun penyakit lainnya.

“Agar pelayanan tetap berjalan, sejak hari ini kami sediakan antiseptik sanitizer ke pintu masuk kantor, jadi setiap tamu maupun staf Dinkes sebelum masuk kantor dapat mencuci tangan, ” terangnya.

You cannot copy content of this page