HEADLINE NEWSKendariMETRO KOTAPENDIDIKAN

Siap Cetak Wirausahawan Muda, SMKN 3 Kendari Bikin Kelas Khusus

1690
×

Siap Cetak Wirausahawan Muda, SMKN 3 Kendari Bikin Kelas Khusus

Sebarkan artikel ini
Wakil kepala sekolah bidang Humas, Dra. Bungadiyati Toding. (Foto : Ridho/Mediakendari.com)

Reporter : Ridho
Editor : Kang Upi

KENDARI – Perkembangan baru di Era Industri 4.0 terlihat dengan pesatnya jumlah wirausaha muda yang mampu menciptakan lapangan kerja, baik pribadi maupun kelompok. Untuk itu, sekolah dituntut bisa menyiapkan lulusan terampil yang dapat ambil bagian dalam perkembangan ini.

Memahami hal ini, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Kendari telah melakukan upaya serius untuk mengoptimalkan kemampuan siswa, guna menciptakan lulusan yang berkompeten.

Wakil Kepala SMKN 3 Kendari Bidang Humas, Bungadiyati mengungkapkan, pihaknya telah membuka kelas khusus untuk menyiapkan siswa-siswa agar lebih berkompeten di bidangnya.

“Namanya kelas Industri, dalam kelas ini kita siapkan anak-anak yang memang siap bekerja. Mereka ini dikursuskan. Jadi kita mengundang guru atau instruktur berkompeten dibidangnya untuk membekali mereka,” jelasnya pada mediakendari.com, Senin (25/2/2019), di ruang kerjanya.

Untuk di SMKN 3 Kendari sendiri, kata dia, saat ini telah membuka dua jurusan untuk kelas industri. Kedepannya, sekolah berencana menambah kelas tersebut di beberapa jurusan lain.

“Sampai saat ini, kelas industri yang dibuka sudah ada dua jurusan, yaitu kecantikan dan tata boga, namun akan kami usahakan agar beberapa jurusan lain juga kita buka kelas industri,” ungkapnya.

Guru berkacamata ini juga menjelaskan, kelas tersebut bertujuan untuk menyiapkan siswa agar lebih kreatif. Sehingga, ketika lulus sekolah mampu untuk bersaing di dunia usaha dan menjadi seorang wirausaha.

“Untuk mengikuti perkembangan zaman, generasi muda dipaksa untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mencari pekerjaan dan lebih baik lagi, jika mampu menciptakan pekerjaan sendiri,” tambahnya.

Untuk itu lanjutnya, seluruh siswa di SMKN ketika lulus diharapkan sudah sudah memiliki keterampilan yang bermanfaat bagi masyarakat. (A)

You cannot copy content of this page