oleh

Silaturahmi dengan Masyarakat Konawe, ARS Janji Bantu Program Para Petani

 

Reporter: La Ato

Konawe – Melalui Program Dewan Menyapa, Ketua DPRD Provinsi Sultra, Abdurrahman Shaleh (ARS) berkunjung ke Kabupaten Konawe, Sabtu, 20 Februari 2021.

Dalam kunjungannya tersebut, ARS bersilaturahmi dengan masyarakat Desa Unaasi Jaya, Kecamatan Abuki, Kabupaten Konawe.

Kepada masyarakat ia mengatakan, bahwa dirinya berjanji akan membantu program-program masyarakat petani di desa tersebut sesuai dengan kebutuhan mereka.

“Jadi saya minta kepada pa’ Syamsul Ibrahim selaku anggota DPRD Sultra dapil sini, agar dikawal apa yang menjadi kebutuhan masyarakat sini,” kata ARS.

Ia mengatakan, kesempatan bertatap muka seperti ini merupakan salah satu cara untuk mengetahui lebih jauh apa yang menjadi keluhan-keluhan masyarakat, sehingga DPRD provinsi bisa melakukan upaya-upaya maksimal dalam melaksanakan tanggung jawabnya.

Ia berharap, masyarakat Desa Unaasi Jaya tidak hanya fokus pada pertanian cabe saja, tapi juga bisa mengembangkan jenis tanaman lain.

“Ada juga kopi aceng. Kopi yang pendek, tapi dia buahnya lima kali lipat dibandingakan kopi biasa. Nanti ini juga bisa dicoba, kalau cocok, kita bisa bantu,” ujar ARS.

Sementara itu, anggota DPRD Provinsi Sultra, Syamsul Ibrahim yang ikut membersamai rombongan ketua DPRD mengatakan, luas lahan pertanian untuk padi sawah di desa Unaasi Jaya ini cukup luas. Hanya yang menjadi kendalanya adalah air.

“Airnya itu rendah permukaannya. Jadi kebutuhannya itu adalah salah satunya sistem pompanisasi. Nah, salah satu yang mereka butuhkan adalah pompa untuk bisa mengairi air ke sawah,” kata Syamsul.

Untuk diketahui, lahan tanaman cabe di Desa Unaasi Jaya ini sekitar 8 hektar dan siap panen, di dalamnya sudah terdapat juga tanaman sayuran atau palawija.(A)/ADV

Terkini