HEADLINE NEWSKendariKULINERMETRO KOTANEWSWISATA

Sinonggi Jadi Idola Pengunjung di RM Gemilang Seafood

2414
×

Sinonggi Jadi Idola Pengunjung di RM Gemilang Seafood

Sebarkan artikel ini
Tampak depan Rumah Makan Gemilang Seafood. Foto: MEDIAKENDARI.com/Hardki/B

Reporter: Hardiki
Editor: Taya

KENDARI – Bagi Anda yang memiliki kesukaan makanan khas Sinonggi jangan sungkan mampir ke Rumah Makan Gemilang Seafood Kendari.

Rumah Makan yang terletak di Jalan Mayjen S. Parman ini menyajikan berbagai menu makanan seperti ikan, udang, cumi, kerang. Selain itu, di tempat ini Anda juga menikmati makanan khas Sinonggi. Menu ini menjadi sasaran penikmat kuliner.

Sinonggi merupakan makanan pokok Suku Tolaki yang terbuat dari pati sari sagu. Di Sulawesi Selatan, masakan yang serupa dikenal dengan nama kapurung dan di Kepulauan Maluku disebut papeda.

Meski masakan tersebut memiliki kemiripan bahan, cara penyajiannya berbeda. Untuk sinonggi, tepung sagu yang sudah dimasak tidak dicampurkan dengan sayur, kuah ikan, sambal atau dabu-dabu atau bumbu lainnya, tetapi tergantung selera masing-masing.

Bagi suku Tolaki, sinonggi dahulu merupakan makanan pokok, tetapi saat ini telah menjadi makanan sekunder pengganti beras pada masa paceklik.

BACA JUGA:

Sehingga RM Gemilang Seafood yang menyediakan kuliner Paket Sinonggi selalu menjadi sasaran para peminat makanan kahs daerah untuk berkunjung.

Paket Sinonggi juga menjadikan RM Gemilang Seafood berbeda dengan Rumah makan lainya yang ada di kota Kendari.

“Yang membedakan dengan rumah makan lainnya disini menyediakan paket Sinonggi Woku dan malamnya juga kami sediakan live music, makanya banyak dikunjungi,” ujur Manajer RM Gemilang Seafood, Lilis Rahmi.

Lilis menuturkan harga paket Sinonggi untuk dua orang dengan rincian menu ikan woku, sayur, sambal, dan es teh manis hanya Rp 50 ribu. Sedangkan paket Sinonggi untuk empat orang dengan rincian menu dua ikan woku, sayur, sambal dan es teh manis dijual sebesar Rp 100 ribu.

“Jarang ditemukan rumah makan yang menyediakan menu peket Sinonggi seperti ini. Jadi tidak perlu lagi repot membuat sendiri atau harus ke Konawe, disini lengkap kalau kita pengen makan Sinonggi.” kata salah seorang pengunjung, Muh Sardi.

Sinonggi baik dikonsumsi untuk kesehatan karena terbuat dari saripati sagu. 100 gram sagu yang dijadikan bahan baku utama sinonggi memiliki kandungan 86 karbohidrat, satu gram serat, 0,5 gram protein, tiga miligram sodium, lima miligram potasium, dan 0,2 gram lemak total serta 0,1 gram lemak jenuh. Selain itu dalam 100 gram sagu setara dengan 350 kalori. Demikian seperti yang dilangsir halosehat.com. Artikel kandungan nutrisi dalam sagu juga telah direview medical editor hallo sehat, dr. Yusra Firdaus. (A)

You cannot copy content of this page