oleh

Siswa SD di Kota Kendari Siap Ikuti Ujian Sekolah Secara Tatap Muka

 

Reporter: Nina Piratnasari

KENDARI – Sebanyak 6.223 siswa Sekolah Dasar (SD) di Kota Kendari akan mengikuti ujian sekolah secara tatap muka pada tanggal 19 sampai 23 April 2021.Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga, Makmur mengatakan, jika pelaksanaan ujian diserahkan ke sekolah masing-masing dengan pengaturan pelaksanaan ujian menggunakan pos yang sudah disepakati bersama,di mana setiap ruangan hanya bisa diisi 10-15 peserta didik kemudian diawasi 2 pengawas.

“Ujiannya dilaksanakan secara tatap muka, dan itu sudah ada rekomendasi dari bapak wali kota dan persetujuan dari Satgas Covid-19. Jadi sudah bisa dilaksanakan secara tatap muka,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya pada Selasa, 13 April 2021.

Pelaksanaan ujian sekolah diterapkan protokol kesehatan secara ketat dengan menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, serta pengaturan tempat duduk peserta didik.

“Sebelumnya juga sekolah sudah melakukan pertemuan dan meminta izin kepada orangtua untuk mengizinkan anaknya mengikuti ujian. Jika tidak, mereka dapat melaksanakan ujian lewat daring,” jelasnya.

Ujian Sekolah sendiri akan dilaksanakan selama 3 jam, dari jam 07.30 sampai dengan 10.30 dengan per harinya 2 mata pelajaran dan dilaksanakan tanpa adanya jam istirahat.

“Ujian sekolah dapat melibatkan guru maupun Satgas Covid-19. Tergantung dari kerjasamanya sekolah, kalau mereka mengundang Satgas Covid-19 bahkan juga dari pengamanan, untuk menjaga keamanan siswa ketika datang atau pulang, utamanya tidak ada kerumunan di halaman atau di depan sekolah,” tutupnya.

Untuk diketahui, jumlah guru Sekolah Dasar yang telah melaksanakan vaksinasi sebanyak 1.100 orang. (B)

Terkini