oleh

Siswa SMKN 1 Maruge Diuji Kompetensi di Tengah Ujian Pandemi Covid-19

-NEWS-127 dibaca

 

Reporter: Taswin Tahang

KOLAKA UTARA – Puluhan siswa SMKN 1 Maruge, Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara mengikuti Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) mulai 15 Maret hingga 13 April 2021 mendatang. Pelaksanaannya dilakukan di tengah pandemi Covid-19.

Agar tetap sesuai protokol kesehatan Covid-19, pihak sekolah membagi gelombang ujian setiap harinya untuk menghindari para siswa berkerumun. Para siswa juga tidak dikumpul dalam jumlah besar melainkan dibagi 5 orang untuk setiap kelompok.

Selain itu, pihak sekolah juga menyiapkan tempat mencuci tangan. Para siswa pun diwajibkan mengenakan masker baik di dalam maupun luar ruangan.

“UKK ini digelar dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat,” terang Kepala SMKN 1 Maruge, Sitti Rahyuni Ballagi pada Senin,15 Maret 2021.

UKK ke-13 ini diikuti 84 siswa dari empat jurusan. Jurusan Multimedia sebanyak 27 siswa, Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran sejumlah 17 siswa, Teknik dan Bisnis Sepeda Motor berjumlah 29 siswa, dan Agribisnis Tanaman Perkebunan diikuti 11 siswa.

Pelaksanaan UKK ini merupakan salah satu faktor penunjang kelulusan bagi para siswa dengan pemberian non-materi 30 persen dan praktek 70 persen.

“Jadi untuk pengujian itu ada dua. penguji internal dari sekolah dan penguji eksternal yang berasal dari instansi yang memiliki kerja sama dengan SMKN 1 Maruge contohnya tenaga ahlinya dari Honda,” jelasnya.

Ia berharap, melalui SMKN 1 Maruge yang hadir sejak 21 Agustus 2006 dapat memberikan banyak dampak positif masyarakat.

“SMKN 1 Maruge ini  bisa menghadirkan sumber daya manusia yang mempunyai keahlian serta dapat diserap sebagai tenaga kerja atau berwiraswasta,” pungkasnya. (B)

Terkini