oleh

SMAN 9 Kendari Siap Hadapi Ujian Sekolah di Masa Pandemi

Reporter : Ardan

KENDARI – Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 9 Kendari menggenjot persiapan menghadapi ujian sekolah yang rencananya akan digelar di masa pandemi covid – 19.

Wakasek Kurikulum SMAN 9 Kendari Sarifudin.L, S.Pd menjelaskan, ujian sekolah rencananya akan digelar dengan tiga metode yakni portofolio, penugasan, dan tes tertulis.

Untuk metode ujian portofolio akan dilakukan dengan cara mengevaluasi nilai pengetahuan, keterampilan, dan sikap serta nilai rapor masing-masing siswa.

“Untuk ujian metode penugasan dan metode tertulis yaitu fokus pada aspek pengetahuan yang dilakukan dengan cara daring atau cara luring,” terang Sarifudin.L di ruang kerjanya, Senin 22 Februari 2021.

Menurutnya, metode ujian sekolah ini mempertimbangkan indikator berupa, cakupan bahan ujian, model tes, lama waktu mengerjakan serta ketersediaan platform digital yang akuntabel jika di laksanakan secara daring.

“Kami belum tahu apakah ujian sekolah ini online atau tidak, serta untuk soal ujian sekolah itu kami juga belum tahu dibuat provinsi atau dikembalikan ke sekolah, yang jelas online atau tidak, kami sangat siap,” kata Sarifudin.

Berdasarkan jadwal, lanjut Sarifuddin, ujian sekolah rencananya akan dilaksanakan mulai 12 April 2021. Sedangkan untuk ujian prakteknya rencananya akan dilaksanakan mulai 29 Maret sampai 3 April 2021.

“Untuk penentuan kelulusan berdasarkan hasil rapat dewan guru, tentunya setelah siswa menyelesaikan proses pembelajaran yang dibuktikan dengan rapor tiap semester sejak kelas X – XII, memperoleh nilai sikap perilaku minimal baik, mengikuti ujian sekolah,” tutupnya. /B

Terkini