SMK 3 Kendari Upayakan Penyesuaian Kurikulum untuk Semua Industri Pilihan 2023

NEWS341 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Memasuki Tahun 2023, SMK 3 Kendari berupaya untuk melancarkan semua program yang dicanangkan. Salah satunya adalah penyesuaian kurikulum untuk semua industri terkait.

“Jadi diselaraskan antara kurikulum disekolah dengan kurikulum di industri, jadi saat siswa saya PKL di industri itu, sudah selaras dengan apa yang dia pelajari disekolah,” jelas Siti Ma’wa Rohani selaku Kepala Sekolah SMK 3 Kendari.

Ia menerangkan lima fokus Industri yang ada di SMK 3 Kendari adalah jurusan perhotelan, Tataboga, Tatabusana, kecantikan dan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). SMK 3 Kendari banyak berkerja sama dengan industri terkait sehingga siswa/siswinya bisa berkiprah sesuai dengan industri yang diinginkan.

“Sekitar 50% persen murid saya sudah banyak berkiprah sesuai dengan industrinya ketika PKL, yang paling banyak bidang perhotelan dan tataboga,” katanya.

Ia mengaku program penyesuaian kurikulum dengan industri, banyak melibatkan berbagai pihak dari guru, murid dan juga orang tua murid. Dana yang dipakai untuk program ini diutamakan melalui Dana Bos. Akan tetapi, pihak sekolah pun berencana untuk melakukan iuran atau sumbangan dari para orang tua murid.

“Kita berusaha semaksimal mungkin, dari dana Bos kita bagi, cukup atau tidak, kita cukup-cukupkan sja, tapi memang kita ingin ada sumbangan juga dari pihak org tua murid, bukan pungutan tapi berupa sumbangan,” jelasnya.

Siti Ma’wa menambahkan pihaknya berharap penyesuaian kurikulum dan pengoperasian hotel SMK 3 Kendari tahun ini bisa tercapai.

Reporter : Nur Anisah