NEWS

DPPKB Kendari Fokus Dua Hal Ini untuk 2023

517
×

DPPKB Kendari Fokus Dua Hal Ini untuk 2023

Sebarkan artikel ini
Ketua DPPKB Kota Kendari, Drs. H. Jahudding, M.Si. (Foto : Nur Anisah)

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Kendari tengah fokus terhadap dua hal yaitu sosialisasi alat kontrasepsi untuk program KB dan penurunan percepatan angka stunting.

“Jadi kita fokus memberi pelayanan KB baik dari sosialisasi alat kontrasepsi ataupun edukasi kepada pihak- pihak terkait remaja ataupun pasangan yang ada dimasa subur,” ucap Kepala DPPKB Kendari, Jahudding.

Ia menyebut, pihaknya juga mempunyai kelompok-kelompok khusus seperti bina keluarga balita, bina keluarga remaja dan bina keluarga lanjut usia (Lansia).

“Jadi langsung kita sosialisasikan dengan orang tuanya, bisa langsung ke remajanya, dan dengan hadirnya kelompok ini tentunya bisa menciptakan keluarga yang lebih berkualitas,” jelasnya.

Jahudding mengaku total fertility rate atau rata-rata jumlah anak yang dilahirkan selama masa usia subur menjadi rujukan sekaligus tolak ukur kesuksesan dari program KB yang dicanangkan.

“Angkat TRF di Kota kendari ini yang menjadi target kita adalah 2,36 artinya setiap wanita yang berada dimasa suburnya tidak melebihi tiga anak setiap pasangan. Dengan adanya KB dan kita berkiblat dari TRF ini sangat berhasil menekan laju pertumbuhan penduduk, kita bukan melarang untuk melahirkan, tapi diminimalisir, sehingga bisa menciptakan generasi yang berkualitas,” katanya.

Ia membeberkan tiga kecamatan di Kota Kendari yang dinilai memiliki penduduk yang sangat padat, yaitu Kecamatab Kadia, Mandonga dan Kecamatan Kendari Barat yang menjadi fokus dari pihaknya dalam penekanan jumlah penduduk.

Ia berharap di tahun ini angka penggunaan alat kontrasepsi semakin meningkat, banyak kesadaran dari pasangan yang berada di masa subur ataupun para remaja untuk menekan laju pertumbuhan penduduk dan tentunya penurunan angka stunting yang semakin meningkat.

Reporter: Nur Anisah

You cannot copy content of this page