SMP Negeri 9 Kendari Bakal Hadirkan Pojok Literasi Bertema Kearifan Lokal

NEWS299 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Kepala Sekolah SMP Negeri 9 Kendari, Mansur Mokuni, S.Pd, M.Pd berencana menghadirkan sudut literasi berbasis kearifan lokal tahun 2023.

“Kita kadang menampilkan media-media tapi dari Pulau Jawa, budaya kebaratan juga, nah jadi saya disini mencoba eksplor untuk peralatan-peralatan tradisional, alat musik tradisional, rumah adat, mereka tau biasa budaya luar, tapi kurang dengan budaya local,” kata Mansur.

Baca Juga : Urban Fit Hadir Sebagai ” Lifestyle” Masyarakat Kota Kendari.

Menurutnya, program berbasis literasi ini nantinya akan diupayakan dalam bentuk poster yang dipajang dibeberapa titik di sekolah, sehingga bisa mengedukasi para siswa dan pengunjung.

“Saya itu terinspirasi dari guru sejarah saya, dia itu dulu bisa menceritakan masalah Bizantium sangat detail dan lengkap karena dia bnyak membaca literasi, nahh saya bawa hal ini sekarang ke sentuhan yang lebih modern juga,” jelas Mansur.

Nantinya, kata Mansur, program ini akan melibatkan sekelompok siswa, maupun guru di sekolah, serta didanai dengan menggunakan dana bantuan operasional sekolah (BOS).

Baca Juga : Merasa Difitnah, Humas PT Marketindo Selaras Ancam Bakal Lapor Balik

“Dana yang dipakai pun akan dimaksimalkan dari dana BOS, namun apabila pihak orang tua murid ingin ikut berkontribusi itu akan sangat membantu pihak sekolah,” terangnya.

Dirinya berarap, hadirnya sentuhan budaya lokal dalam bentuk literasi, SMPN 9 Kendari akan semakin baik dan berbudaya kedepannya.

Reporter: Nur Anisah

Facebook : Mediakendari