Soal Kedatangan TKA, Wagub Sultra: Saya Mendukung Tapi Ada Syaratnya

Reporter: Rahmat R.

KENDARI – Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tenggga (Sultra) Lukman Abunawas menyatakan mendukung kedatangan 500 Tenaga Kerja Asing (TKA), dengan syarat tertentu.

Lukman menuturkan, untuk syarat yang dimaksudkannya yakni salah satunya komitmen PT VDNI dan PT OSS untuk mempekerjakan putra – putri asal daerah operasi tambang.

Menurutnya, kebijakan itu perlu dilakukan agar tidak ada kecemburuan sosial akibat kedatangan TKA, dengan membuka porsi dan peluang kerja yang luas bagi putra daerah.

“Manajemen perusahaan harus memperhatikan putra daerah, misalnya Satpam bisa dari putra daerah. Banyak SDM yang juga harus diperhatikan dan diperdayakan,” tegas Lukman di Rujab Gubernur Sultra, Jumat 26 Juni 2020.

Mantan Bupati Konawe juga menjelaskan, untuk di Sultra sendiri ada cukup banyak sarjana teknik, geologi, hukum dan lainnya yang seluruhnya bisa diberdayakan di perusahaan.

“Artinya ini harus berimbang, yang terpenting seperti yang disampaikan Kapolda Sultra pada waktu rapat lalu, adalah pentingnya komunikasi dari perusahaan dan jangan menutup diri,” tegasnya.

Lukman memaparakan, PT VDNI berdiri berdasarkan Intruksi Presiden RI Joko Widodo, untuk percepatan pelaksanaan proyek strategis nasional dan untuk kepentingan serta kemanfaatan umum.

“Inpres Nomor 1 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional. Intinya untuk percepatan pembanguan nasional kita harus dukung dan ini positif untuk daerah,” pungkasnya. /B

Iklan dalam Berita Ana Wonua Distributor Oli Total