EKONOMI & BISNIS

Sosialisasikan QRIS, BI Sultra Gelar QRIS Week

297
×

Sosialisasikan QRIS, BI Sultra Gelar QRIS Week

Sebarkan artikel ini
Foto bersama usai kegiatan Talkshow. Foto: MEDIAKENDARI.com/Ferito Julyadi

Reporter: Ferito Julyadi

KENDARI – Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan (KPw) Sulawesi Tenggara (Sultra) terus mensosialisasikan QRIS sebagai alat pembayaran digital atau non tunai standar untuk digunakan masyarakat.

Sosialisasi ini salah satunya dilakukan lewat gelaran GRIS Week yang merupakan rangkaian agenda Pekan QRIS Nasional, mulai 13 – 15 Maret 2020, di Pelataran Eks MTQ Kota Kendari.

Ketua Advesory dan Pengembangan Ekonomi BI KPw Sultra, Surya Alamsyah menjelaskan, QRIS Week atau Pekan QRIS salah satu langkah yang diambil untuk menperkenalkan QRIS ke masyarakat.

“Catat tanggalnya dan ramaikan. Karena ada banyak keseruan dan kejutan yang dihadirkan,” kata Surya Alamsyah, disalah satu resto di Kota Kendari, Senin 9 Maret 2020.

Surya mengungkapkan, sejak diluncurkan 1 Januari 2020, QRIS hingga saat ini sudah digunakan di 800 merchant di Sultra, sebagai alat pembayaran dan transaksi non tunai.

“Di Sultra saat ini, sudah ada 800 barcode QRIS yang tersedia atau sekitar 10 persen dari jumlah merchant yang terdaftar, hingga Januari 2020 sebanyak 8.000 merchant,” papar Surya.

Ia juga menjelaskan, pihaknya juga intens melakukan komunikasi dengan kantor pusat agar proses cetak barcode QRIS bisa lebih cepat, untuk memperluas jangkauan pengguaan QRIS.

“Kami intens melakukan komunkasi dengan kantor pusat, Penyedia Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) pusat agar proses cetak barcode QRIS bisa lebih cepat,” ujarnya.

You cannot copy content of this page