HEADLINE NEWSKendariMETRO KOTANEWS

SPBE Siap Diterapkan, Kominfo Bakal Jadi Wali Data Pemprov Sultra

492
×

SPBE Siap Diterapkan, Kominfo Bakal Jadi Wali Data Pemprov Sultra

Sebarkan artikel ini
Plt. Kadis Kominfo Sultra, Syaifullah. Foto: MEDIAKENDARI.com

Reporter: M. Ardiansyah R.
Editor: Kang Upi

KENDARI – Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan efektif, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Pelaksanaan Tugas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sultra, Syaifullah, penerapan ini sesuai visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra untuk konektivitas data antar 53 Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Jalur khusus data antara para OPD tanpa harus melalui gmail dan wifi, sehingga data ini terpusat di Kominfo Sultra sebagai wali data,” kata Syaifullah, Minggu, (1/12/2019).

Baca juga:

Menurutnya, seluruh data berada di Kominfo Sultra, sehingga ketika dibutuhkan baik untuk pemerintah pusat hingga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dapat mudah diketahui.

“Jalur data sektoral terkumpulnya di servernya Kominfo, pada saat orang membutuhkan nanti dia tinggal klik,” ujar Syaifullah.

Untuk penerapan ini, lanjutnya, saat ini masih dalam pembenahan karena baru sebagian OPD memiliki Website. Namun dirinya menargetkan SPBE akan terealisasi di tahun 2020.

“Kurang lebih 15 OPD sudah memiliki web, sekarang kita tambah 12 lagi, sudah kurang lebih 27. Setiap OPD memiliki Website tersendiri dan menampung datanya pada Kominfo,” tambahnya.

You cannot copy content of this page