NEWS

Stand Pameran Dinas Dalduk KB Konsel Diserbu Ibu-ibu

1623

KONAWE SELATAN – Stand Pameran Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dalduk KB) Kabupaten Konawe Selatan mendadak diserbu Ibu-ibu, Senin 08 Mei 2023.

Hal menarik itu dikarenakan Stand pameran Dinas Dalduk KB Konsel menyediakan pelayanan pasang Implan dan IUD. Kepala Dinas Dalduk KB Konsel dr Maharayu menjelaskan IUD adalah singkatan dari intra uterine device atau bisa juga disebut sebagai KB spiral.

KB Siral itu, jelas pria yang akrab disapa Dokmar ini adalah sebuah alat kontrasepsi berbahan plastik yang memiliki bentuk seperti huruf ‘T’ dan dipasang di dalam rahim untuk mencegah kehamilan.

“Pelayanan KB pasang implan dan IUD di lakukan di mobil MUYAN (Mobil dukungan pelayanan KB) yang merupakan dukungan dari BKKBN Provinsi Sulawesi Tenggara dalam rangka Hut Konsel ke 20,” jelas Dokmar.

Mantan Kadis Kesehatan Konsel ini berharap semoga pelayanan gratis yang disiapkan instansinya dapat membantu serta memberikan pelayanan terbaik bagi ibu-ibu di kabupaten Konawe selatan. Kami juga mengimbau pasangan suami istri untu mendukung program dalam memutuskan jumlah dan jarak anak serta waktu kelahiran.

“Kita berharap program kami ini dapat membantu masyarakat Konsel,” pintanya.

Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Keluarga Berencana, Waritz Hikmah Dzuhri merinci jumlah Akseptor atau peserta KB, pasangan usia subur (PUS) yang menggunakan salah satu alat atau obat kontrasepsi yang dilayani dalam kegiatan tersebut berkisar sekitar ratusan ibu-ibu.

“Tercatat sebanyak 150 akseptor yang berasal dari empat kecamtan yakni Kecamatan Andoolo, Buke, Palangga dan Baito yang mengikuti pelayanan gratis tersebut,” rincinya.

Adapun syarat agar diberi pelayanan gratis, kata dia, peserta akseptor cukup mendaftar ke petugas lapangan keluarga berencana (PKB) dimasing-masing Kecamatan.

“Selain itu peserta cukup menyediakan KTP-El serta diwajibkan mengisi Mengisi formulir K1 dan K4 yang telah disiapkan petugas,” sebutnya.

“Selain pelayanan Implan, Stand pameran Dinas Dalduk KB juga menyediakan Pelayanan gratis selama pameran yakni pemberian PIL KB, Suntik KB dan Pembagian kondom gratis untuk pengunjung dan akseptor,” tambahnya.

Penulis : Erlin

You cannot copy content of this page

You cannot print contents of this website.
Exit mobile version