oleh

STQH Kota Kendari Tahun 2021 Dibuka, Begini Pesan Sulkarnain

Reporter: La Ato

KENDARI – Seleksi Tilawatil Quran dan Hadis (STQH) XXVI Tahun 2021 Tingkat Kota Kendari resmi dibuka Pemerintah Kota Kendari di Masjid Al Alam Kendari, Kamis, 25 Februari 2021.

Panitia Kegiatan, Agus Salim Safrullah menjelaskan, STQH ini akan berlangsung sampai 27 Februari 2021 dengan mempertandingkan empat cabang lomba, yakni cabang tilawah, tahfidzul Quran, tafsir Quran, dan hafalan hadis.

“Kegiatan ini diikuti sebanyak 200 peserta yang merupakan perwakilan dari masing-masing kecamatan, dan akan digelar di tiga tempat, yaitu Aula Kemenag, MTsN 1 Kendari, dan MAN 1 Kendari,” jelasnya.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini merupakan momentum untuk kembali mengagungkan Allah serta menjadikan Al Quran sebagai pedoman hidup.

“Ini menjadi momentum mematrikan semangat dan keyakinan kita pada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga kita bisa menjalani hari-hari selanjutnya dengan penuh kesadaran dan keyakinan pada-Nya, serta betul-betul menjadikan Al Quran sebagai panduan dan pedoman kita dalam menjalani kehidupan,” kata Sulkarnain Kadir.

Manusia, lanjutnya, tidak punya daya dan upaya terhadap kehendak yang telah ditetapkan oleh Tuhan.

“Contoh kecil misalnya, dengan ujian Covid-19 yang kecil saja ini, Allah bisa memorak-porandakan dunia saat ini,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama Kota Kendari, Zainal Mustamin mengajak para peserta lomba dan panitia untuk mengikuti STQH ini dengan baik.

“Baik memiliki akronim, yakni baca dan pelajari Al Quran secara baik dan benar, ajarkan Al Quran secara luas, implementasikan isi Al Quran dengan tepat, serta komitmen untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat dan disiplin,” ucapnya.

Para menang dalam STQH ini, nantinya akan mewakili Kota Kendari dalam STQH tingkat Sulawesi Tenggara (Sultra) yang akan digelar bulan April mendatang. (b)

Terkini