Sukses Pertahankan Prestasi, Kolut Raih Opini WTP Keenam

Reporter: Pendi / Editor: Kang Upi

KOLUT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) sukses mempertahankan prestasi dan kinerja unggulnya dalam pengelolaan keuangan daerah.

Hal itu terbukti dengan kembali diraihnya opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra) di tahun ini.

Daerah berjuluk Bumi Patowonua ini sendiri telah meraih opini WTP dari BPK RI Perwakilan Sultra untuk yang keenam kalinya secara berturut-turut atau sejak tahun 2014.

Piagam opini WTP diterima Bupati Kolut, Nur Rahman Umar dari Kepala BPK Perwakilan Sultra M Ali Asyhar di Kantor BPK RI Sultra, di Kota Kendari, Rabu 24 Juni 2020.

Nur Rahman Umar menjelaskan, raihan opini WTP keenam dari BPK RI Perwakilan Sultra merupakan sebuah kebanggan untuk Pemkab Kolut, dalam mengelola keuangan daerah di tahun 2019.

Menurutnya, opini WTP yang diraih ini adalah wujud pengelolaan keuangan daerah yang baik, dan merupakan opini tertinggi dalam penilaian laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD).

“Prestasi ini akan menjadi momentum untuk lebih terciptanya akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan keuangan daerah sehingga menjadi kebanggaan bersama yang patut dipertahankan,” terang Nur Rahman Umar.

Dijelaskannya juga, opini WTP yang diraih ini untuk menjawab kepercayaan masyarakat dan mewujudkan wilayah bebas korupsi (WBK) sebagai bagian dari agenda reformasi birokrasi.

“Dalam upaya memperoleh dan mempertahankan opini WTP, kami membentuk tekad yang kuat dilandasi dengan komitmen seluruh jajaran Pemkab Kolut,” tegas Nur Rahman Umar.

Mantan Kadis Pertambangan Kolut ini juga menuturkan, Pemkab Kolut bertekad membangun tatakelola pemerintahan yang baik atau good governance dan tatakelola pemerintahan yang bersih atau clean governance.

Opini ini merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan yang berdasarkan pada kesesuaian dengan standar akuntansi penerintah,” ujarnya.

Dirinya juga berterimakasih untuk segenap jajaran Pemkab Kolut yang telah bekerja keras untuk mempertahankan opini WTP keenam kalinya secara berturut-turut.

“Juga untuk BPK Ri Perwakilan Sultra yang membina melalui konsultasi maupun saran dan rekomendasi serta dorongan dan arahan bagi penyelenggara teknis di lingkup Pemkab Kolut,” pungkasnya.

Turut hadir dalam penerimaan piagam opini WTP dari dari BPK RI Perwakilan Sultra yakni Sekda Kolut Taufiq, Ketua DPRD Kolut Buhari, Kepala Inspektorat Kolut Alimus, Kepala BKAD Kolut Kamaruddin.

Iklan dalam Berita Ana Wonua Distributor Oli Total