oleh

Sulkarnain: ASN Tidak Perlu Berpikir Kemana-mana, Apalagi Pikiran Politis

 

Reporter: La Ato

KENDARI – Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) bekerja maksimal serta melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab.

“Tidak perlu berpikir ke mana-mana, apalagi diwarnai dengan pikiran-pikiran yang sifatnya politis. Bekerja saja dengan maksimal, lakukan tugas dan tanggung jawab dengan penuh profesionalisme dan jaga integritas,” kata Sulkarnain Kadir.

Hal tersebut ditegaskan Sulkarnain Kadir saat membuka Forum OPD Kota Kendari dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah di salah satu hotel di Kendari, Selasa, 16 Maret 2021.

Menurutnya, dalam membangun karier di birokrasi, tidak mudah bagi ASN. Bahkan ada yang sudah puluhan tahun merintis karier.

“Tentu harus bisa menjaga ptofesi, karena kita tau bersama, sekarang ini dengan adanya peraturan yang baru, sedikit saja kita melakukan kesalahan, apalagi yang berhubungan dengan penyalahgunaan kewenangan akibatnya tentu sangat fatal,” tegasnya.

Untuk menjadi berokrasi yang sukses, tambahnya, cukup sederhana, pertama adalah menguasai undang-undang dan seluruh ketentuan yang berhubungan dengan tugas-tugas kita.

“Kalau kita bisa memahami dan menguasai hal tersebut, saya kira itu modal yang cukup untuk bisa menjaga diri kita dari berbagai risiko dan potensi yang kita tidak inginkan, utamanya yang berhubungan dengan hukum,” jelasnya.

Kedua, ASN harus update dengan data dan informasi, khususnya yang berkaitan dengan tugas – tugas pokok sebagai ASN.

“Jadi setiap pengambilan kebijakan, melakukan tindakan, atau aktivitas di bidang tugas kita masing-masing, kalau menguasai dua hal ini, yakni penguasaan terhadap aturan, tugas pokok dan fungsi kita, kemudian didukung dengan data yang valid, saya yakin, tiap yang kita lakukan akan bisa menghindarkan kita dari risiko-risiko yang tidak diinginkan,” kata Sulkarnain.

“Bahkan tidak hanya itu, penguasaan kita terhadap dua hal ini juga akan memberikan produktivitas yang bermanfaat bagi masyarakat,” tambahnya.

Terkini