NEWS

Sulkarnain Minta Rumuskan Lima Hal di Musrenbang RKPD Kota Kendari

211
×

Sulkarnain Minta Rumuskan Lima Hal di Musrenbang RKPD Kota Kendari

Sebarkan artikel ini
Suasana pembukaan Musrenbang RKPD Kota Kendari. Foto: La Ato/mediakendari.com

 

Reporter: La Ato

KENDARI – Untuk dapat memberikan pelayanan maksimal di berbagai sektor tahun 2022 mendatang, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir meminta agar dalam pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tingkat Kota Kendari tahun 2021 bisa merumuskan lima hal.

Hal ini ia sampaikan saat membuka kegiatan Musrenbang RKPD Kota Kendari yang dilaksanakan di salah satu hotel di Kendari, Kamis, 25 Maret 2021.

Pertama adalah bagaimana bisa meningkatkan atau menurunkan angka kemiskinan yang tahun 2019 berada pada kisaran 4,44 persen.

“Tahun 2020 terjadi sedikit kenaikan. Kita berharap tahun 2021 ini bisa kita jaga momentumnya untuk tidak terjadi peningkatan, papar Sulkarnain.

Selanjutnya yang berkaitan dengan tingkat pengangguran terbuka.
Tahun 2019 berada pada posisi 6,16 persen, sedangkan tahun 2020 terjadi peningkatan menjadi 7,08 persen.

“Saya berharap, tahun 2021, angka ini bisa dipertahankan, paling tidak, seminimal mungkin tidak terjadi lagi peningkatan,” harap Sulkarnain.

Ketiga adalah indeks pembangunan manusia. Ia mengatakan, tahun 2019, indeks pembangunan manusia sudah cukup baik, yaitu berada di kisaran angka 82,86 persen, sedangkan di tahun 2020 naik menjadi 83,53 persen.

“Tentu ini angka yang harus kita pertahankan, karena ini menjadi salah satu indikator sebuah daerah bisa menjaga atmosfir pertumbuhan angka harapan hidup bagi masyarakat di sebuah daerah,” kata Sulkarnain.

Keempat, lanjutnya, adalah laju pertumbuhan ekonomi. Tahun 2019 berada di kisaran sebesar 6,48 persen.

“Untuk tahun 2020 tentu kita tau bersama bahwa adanya pandemi Covid-19 tidak memungkinkan untuk kita pertahankan angka ini, tapi kita berharap, tahun 2021 ini bisa kita perbaiki,” ucapnya.

Terakhir, instrumen yang perlu diperhatikan juga adalah inflasi. Tahun 2019, terangnya, inflasi di Kota Kendari berada di kisaran 3,22 persen.

“Kita berharap, ini juga bisa dipertahankan. Tidak terjadi lonjakan yang signifikan,” harap Sulkarnain. (B)

You cannot copy content of this page